Puluhan Ribu Mahasiswa Jadi Relawan COVID, Ini Apresiasi Mendikbud

Senin, 10 Agustus 2020 - 20:57 WIB
loading...
Puluhan Ribu Mahasiswa Jadi Relawan COVID, Ini Apresiasi Mendikbud
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi peran perguruan tinggi baik inovasi hingga keterlibatan mahasiswa yang menjadi relawan. Peran serta perguruan tinggi ini akan sangat membantu masyarakat dalam mengatasi dampak akibat pandemi ini.

Mendikbud mengatakan, sebagai salah satu pusat penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi mempunyai sifat khas yang berbeda dengan lembaga penelitian lainnya. (Baca juga: Wapres Harap HAKTEKNAS dapat Dorong Inovasi di Tengah Pandemi )

“Perguruan tinggi tidak saja menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga meluluskan sumber daya manusia yang akan mengisi dunia profesi dan inovasi,” ucap Mendikbud pada Pameran Virtual dan Webinar Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) dalam rangka Peringatan 25 Tahun Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, di Jakarta melalui siaran pers, Senin (10/8).

Kiprah perguruan tinggi tidak sebatas menghasilkan karya, tetapi juga turut serta di garda depan menangani dan memitigasi pandemi COVID-19. Para relawan yang berasal dari mahasiswa kesehatan, mahasiswa teknik, serta bidang-bidang lainnya, bergotong royong melakukan kegiatan di lapangan maupun melalui daring.

Di saat kita menghadapi pandemi COVID-19, kontribusi perguruan tinggi telah dibuktikan melalui inovasi teknologi. Beberapa perguruan tinggi bersama lembaga-lembaga riset nasional tergabung dalam Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19.

“Saya mengapresiasi peran sentral perguruan tinggi dalam pengembangan berbagai teknologi alat-alat kesehatan selama lima bulan terakhir,” tutur Mendikbud. (Baca juga: Siap-siap! Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA Dimulai Secara Daring )

Mendikbud menambahkan, di luar konsorsium Ia melihat banyak karya-karya yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Data yang dikumpulkan oleh Ditjen Dikti, tidak kurang dari 1000 karya inovasi dan teknologi tepat guna telah dihasilkan selama 1 semester terakhir.

Sementara itu, belasan ribu mahasiswa diterjunkan untuk KKN tematik mitigasi pandemi COVID-19 dengan semangat Kampus Merdeka membantu masyarakat mengatasi kondisi bencana pandemi. “Kegiatan ini semakin meneguhkan peran penting perguruan tinggi dengan misi tridharma-nya dan menjadi tulang punggung bangsa dalam pembangunan teknologi dan inovasi,” katanya.

Kemendikbud memberikan apresiasi atas kegiatan FDTI dalam rangka memperingati hari kebangkitan teknologi nasional. Peringatan ini dilakukan dengan menggelar webinar dan pameran virtual karya dosen dan mahasiswa FDTI dari berbagai Fakultas Teknik di Indonesia. (Baca juga: Hakteknas, PKS Nilai Pemerintah Kurang Serius Tangani Riset dan Inovasi )

Dalam pameran virtual yang digelar oleh para dekan Fakultas Teknik, pengunjung dapat melihat karya berupa robot kesehatan, ventilator, sistem cerdas, dan berbagai penemuan lainnya. Beberapa produk tersebut dikerjasamakan dengan industri dan sudah mulai diproduksi secara massal serta digunakan di Rumah Sakit untuk menangani pasien.

“Hal ini sangat baik dan harus kita dorong untuk terus ditingkatkan,” pesannya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)