Jack Ma Resmi Tersingkir dari Pemegang Saham Kendali di Ant Group

Rabu, 03 Januari 2024 - 13:58 WIB
loading...
Jack Ma Resmi Tersingkir dari Pemegang Saham Kendali di Ant Group
Jack Ma resmi dikeluarkan dari pemegang saham kendali di Ant Group. FOTO/The WSJ
A A A
JAKARTA - Hampir setahun setelah miliarder Jack Ma berjanji untuk melepaskan kepemilikannya di Ant Group Co, perusahaan ini telah berhasil menyelesaikan prosedur untuk menghilangkan pemegang saham pengendali.

Bank sentral Tiongkok, People's Bank of China, telah menyetujui aplikasi yang memungkinkan penghapusan semua pemegang saham pengendali dari platform pembayaran Tiongkok, Alipay. Akibatnya, bank tersebut sekarang menganggap Alipay sebagai perusahaan tanpa pengendali yang sebenarnya.



Awal tahun ini, Ma, yang turut mendirikan Alibaba Group Holding Ltd. mengumumkan pengunduran dirinya dari Ant sebagai bagian dari serangkaian tindakan yang dimaksudkan untuk menenangkan regulator Tiongkok.

Perusahaan keuangan ini mengungkapkan pada bulan Januari bahwa mereka akan menawarkan hak suara kepada 10 orang, termasuk manajemen dan anggota staf, yang secara efektif menetralisir kendali Ma.



Perubahan ini tidak akan berdampak pada kepentingan ekonomi para pemegang saham. Seorang perwakilan Ant, dilansir dari Innovation Village, dalam menanggapi pernyataan dari bank sentral, meyakinkan bahwa perubahan status dengan PBOC tidak akan berdampak pada operasi bisnis harian perusahaan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2446 seconds (0.1#10.140)