alexametrics

Soal Cawapres, Mahfud MD Harus Bersaing dengan Parpol Koalisi Jokowi

loading...
Soal Cawapres, Mahfud MD Harus Bersaing dengan Parpol Koalisi Jokowi
Nama Mahfud MD digadang-gadang menjadi Cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Namun jalan bagi Mahfud menjadi cawapres dijamin tidak akan mudah. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Nama Mahfud MD digadang-gadang menjadi calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Namun jalan bagi Mahfud untuk menjadi cawapres dijamin tidak akan mudah.

Direktur Eksekutif Vox Pol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Mahfud MD akan menghadapi calon-calon lain yang diajukan oleh partai politik (Parpol) anggota koalisi pendukung Jokowi.

"Kita paham, seluruh parpol pendukung akan menyodorkan nama cawapres, ada antrean panjang di sana," kata Pangi saat dihubungi SINDOnews, Jumat (16/3/2018).

Pangi mengatakan, dengan sistem pemilu serentak yang baru pertama kali digunakan di 2019, seluruh partai politik berkepentingan memunculkan figur kuat baik sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.



Hal itu kata Pangi, dilakukan untuk mendongkrak elektbilitas partai. Bila tak ada figur kuat, maka harus waspada. Pangi mengatakan partai bisa tenggelam atau ditinggalkan pemilih.

"Mengapa banyak partai ngotot untuk mengajukan capres atau cawapres, itu dalam rangka mendongkrak elektabilitas partai," ucap Pangi.

Sebagai seorang tokoh yang tak berpartai, kata Pangi, Mahfud MD memiliki kelemahan. Sosok yang dikenal bersih dan berintegritas itu bisa tersingkir dari bursa cawapres Jokowi lantaran tidak didukung mesin pemenangan yang dimiliki parpol.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak