Wapres Harap HAKTEKNAS dapat Dorong Inovasi di Tengah Pandemi

Senin, 10 Agustus 2020 - 20:05 WIB
loading...
Wapres Harap HAKTEKNAS dapat Dorong Inovasi di Tengah Pandemi
Wakil Presiden Maruf Amin. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap pada Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ( HAKTEKNAS ) ke-25 dapat menjadi jawaban dalam kemandirian bangsa dalam menghadapi tantangan. Khususnya di tengah masa pandemi COVID-19.

Wapres menilai HAKTEKNAS tahun ini dianggap penting dalam mendorong budaya inovasi di tanah air. Dia menuturkan, HAKTEKNAS dapat mendorong kesadaran masyarakat tentang perlunya budaya iptek dan inovasi di dalam kehidupan sehari-hari.

"Terutama pada saat pandemi COVID-19 dimana diperlukan inovasi-inovasi baru untuk menjawab tantangan yang ada. Saat ini diperlukan inovasi-inovasi baru dalam bidang kesehatan, ekonomi dan pendidikan dan saya harap melalui acara ini dapat mendorong budaya inovasi masyarakat Indonesia,” katanya pada Peringatan HAKTEKNAS ke-25 secara daring. (Baca juga: Kemenag Gelontorkan Rp2,599 Triliun untuk 21.173 Pesantren )

Wapres menuturkan, pada 20 Mei lalu Konsorisum Riset dan Inovasi COVID-19 telah meluncurkan 57 produk inovasi COVID-19 hasil karya anak bangsa. Wapres pun sangat mengapresiasi konsorsium riset ini yang telah menghasilkan produk bermanfaat bagi bangsa dan juga diharap dapat mengatasi wabah COVID-19 ini. Dia menilai peluncuran produk hasil karya anak bangsa ini dapat terus dilaksanakan sehinggga dapat mendorong ekonomi bangsa.

Wapres berharap, melalui HAKTEKNAS ini dapat menjadi inspirasi bagi para peneliti dan inovator lain untuk menghasilkan lebih banyak inovasi baru. Produk hasil karya anak bangsa yang dihasilkan terutama untuk mencegah wabah COVID-19. Selain itu dia juga mengapresiasi peneliti dan inovator yang telah berusaha dan terus berusaha dalam menghasilkan inovasi-inovasi baru.

"Selamat HAKTEKNAS ke-25 semoga kegiatan ini bisa mendorong inovasi menjadi solusi berbagai persoalan bangsa dan dapat meningkatkan daya saing kemandirian dan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya. (Baca juga: Siap-siap! Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA Dimulai Secara Daring )

Sementara, Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro ini mengajak untuk memaknai kebangkitan teknologi dengan semangat untuk terus melakukan riset serta menghasilkan inovasi yang menjadi solusi di berbagai bidang, semangat untuk tetap bersama demi bangkit kembali di setiap tantangan zaman.

“HAKTEKNAS tahun 2020 ini fokus menampilkan kontribusi keunggulan riset dan inovasi kita untuk kemandirian bangsa Indonesia. Menjadi tekad kita semua untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, dan sejahtera. Mari sukseskan transformasi Indonesia dari negara berbasis sumber daya alam menjadi negara berbasis inovasi,” ungkap Menristek/Kepala BRIN.

Peringatan HAKTEKNAS ke-25 akan diisi dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rentang Agustus sampai November 2020, mulai dari peluncuran produk penelitian dan inovasi strategis, seminar, hingga bakti inovasi. HAKTEKNAS ke-25 mengusung tema “Inovasi sebagai Solusi” dengan sub tema keunggulan riset dan inovasi untuk meningkatkan “Kemandirian Bangsa Indonesia”.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)