alexametrics

KSAD Berikan Penghargaan ke Anggota Kowad Penakluk Selat Sunda

loading...
KSAD Berikan Penghargaan ke Anggota Kowad Penakluk Selat Sunda
KSAD Jenderal TNI Mulyono memberikan penghargaan kepada Serda Archia Febra Novera yang telah menaklukkan Selat Sunda, beberapa waktu lalu. Foto/Koran SINDO/Yan Yusuf
A+ A-
JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono memberikan penghargaan kepada Sersan Dua (Serda) Archia Febra Novera yang telah menaklukkan Selat Sunda, beberapa waktu lalu.

Penghargaan diberikan langsung kepada Archia di Ruang Tamu KSAD, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Selasa (13/3/2018). Mulyono mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) yang berasal dari satuan Direktorat Keuangan TNI AD (Ditkuad) ini.

Mulyono mengungkapkan Serda Archia adalah satu-satunya perwakilan TNI AD di perlombaan renang sejauh 39 kilometer menyeberangi Selat Sunda. “Dia sukses menaklukkan medan lomba yang berat itu,” ucap Mulyono. (Baca juga: Setelah Selat Madura, Perempuan Ini Taklukkan Selat Sunda)

Perempuan berusia 22 tahun itu menghabiskan total 11 jam 27 menit sebelum akhirnya menyentuh finish di Tanjung Sekong, Merak, Cilegon, Banten.  Archia memulai start di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Bakauheuni, Lampung, pada Jumat 2 Maret 2018 pukul 21.50 WIB, dan tiba di garis akhir pada Sabtu 3 Maret 3018 pukul 11.47 WIB.

Kowad asal Jember, Jawa Timur, ini memang menyukai olahraga renang sejak kecil. Bahkan dia masuk menjadi prajurit wanita di TNI AD pun lewat jalur unggulan (seleksi khusus bagi atlet-atlet yang berniat gabung dan berkarier sebagai prajurit TNI).

Bagi Archia, lomba renang yang digelar oleh Korps Marinir kali ini adalah yang terberat dengan jarak tempuh terjauh yang pernah diikutinya. Beberapa lomba yang pernah dia ikuti sebelumnya antara lain Piala Panglima TNI di Ancol, KSAL Cup di Kendari, dan juga lomba di Selat Madura (Suramadu).

"Keberhasilan ini saya persembahkan untuk diri saya, keluarga, dan juga untuk TNI AD," ujarnya di Mabes AD.

Menurut dia, gemblengan TNI AD menjadikannya pribadi yang gigih dan pantang menyerah.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak