alexametrics

Mahfud MD Nilai Jokowi Bisa Langsung Terbitkan Perppu MD3

loading...
Mahfud MD Nilai Jokowi Bisa Langsung Terbitkan Perppu MD3
Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD menilai Presiden Jokowi bisa langsung menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) tentang MD3. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa langsung menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). Sebab, kata Mahfud, Undang-undang MD3 yang disahkan melalui rapat paripurna DPR pada Senin 12 Februari 2018 itu sudah berlaku sejak hari ini.

"Bisa (Terbitkan Perppu, red), kan berlakunya sudah kemarin kan tanggal 13 Maret, berlaku mulai hari ini," ujar Mahfud di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Adapun penerbitan Perppu itu untuk memperbaiki beberapa pasal di UU MD3 yang menuai kontroversi di masyarakat. "Itu bisa saja kalau presiden keluarkan Perppu atau perintahkan Menkumham revisi secepatnya atau biarkan saja," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Diketahui, hingga kini Presiden Jokowi tidak menandatangani UU MD3 yang disahkan melalui rapat paripurna DPR Senin 12 Februari 2018 itu. Sebab, Jokowi mengamati reaksi masyarakat terhadap beberapa isi UU hasil revisi itu.

Salah satu yang diprotes banyak masyarakat adalah Pasal 122 huruf k UU MD3. Pasal 122 itu mengatur Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) bisa mengambil langkah hukum dan atau langkah lain terhadap orang perseorangan, kelompok orang, atau badan hukum yang merendahkan kehormatan DPR dan anggota DPR.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak