alexametrics

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Diusulkan Satu Payung

loading...
Lembaga Penelitian dan Pengembangan Diusulkan Satu Payung
Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah melakukan pertemuan dengan para peneliti dan profesor dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Foto/Ilustrasi/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah melakukan pertemuan dengan para peneliti dan profesor dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Dalam pertemuan di Ruang Rapat Fraksi PPP DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3/2018) itu, sejumlah peneliti dan profesor tersebut menyampaikan aspirasinya.

Dari pertemuan itu, PPP sepakat agar seluruh lembaga penelitian dan pengembangan (Litbang) di Indonesia berada di bawah satu payung.

"Namanya bisa disepakati kemudian. Kalau yang diusulkan para peneliti itu Badan Riset Iptek dan Inovasi," ujar Ketua Umum PPP Romahurmuziy.



Selain itu kata dia, PPP juga sepakat agar negara meningkatkan alokasi riset dari 0.08% Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menjadi setidaknya 2% APBN.

PPP lanjut dia, juga sepakat agar diberikan kemudahan dan insentif menambah sumber daya manusia (SDM) peneliti karena rasio terlalu rendah, hanya 24 peneliti per 1 juta penduduk.

"PPP akan berjuang seluruh poin itu dalam Pansus (Panitia khusus, red)," ungkap pria yang akrab disapa Gus Rommy itu.

Dalam pertemuan itu, Gus Rommy juga mengatakan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi
(Iptek) saat ini memegang peranan yang sangat penting untuk membuat lompatan ekonomi.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak