alexametrics

Komisi I Diminta Bentuk Tim Investigasi Kasus Tank Tenggelam

loading...
Komisi I Diminta Bentuk Tim Investigasi Kasus Tank Tenggelam
Komisi I DPR diminta untuk membentuk tim investigasi mengusut kasus tenggelamnya tank dan kapal cepat TNI. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi I DPR membentuk tim investigasi kasus tenggelamnya Tank M113 milik TNI Angkatan Darat (AD) yang tenggelam di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu 10 Maret 2018.

Tidak hanya kasus tersebut, Ketua DPR juga menegaskan perlunya investigasi kasus tenggelamnya  kapal motor cepat AD-16-05 milik Kodam Jaya di perairan Kepulauan Seribu. (Baca juga: Kapal Cepat TNI Tenggelam, 65 Penumpang Selamat)

Menurut Bambang, investigasi perlu dilakukan karena alat utama sistem persenjataan (alutsista) merupakan sarana dan prasarana penting bagi TNI.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini juga meminta Komisi I DPR mendorong tim investigasi TNI yang sudah dibentuk untuk melakukan penyelidikan terhadap penyebab kecelakaan tersebut secara rinci.

Dia juga mendorong Komisi I DPR meminta penjelasan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto atas peristiwa tersebut.

"Mengingat kecelakaan dengan alutsista juga terjadi pada kendaraan lapis baja tank M113 milik TNI AD di Sungai Bogowonto yang telah menyebabkan korban jiwa," kata Bambang di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3/2018). (Baca juga: Kadispenad Jelaskan Kronologi Tank TNI Tenggelam di Purworejo)

Bambang juga meminta Komisi I DPR mendorong Panglima TNI segera melakukan uji kelayakan secara berkala serta pengecekan dan investigasi menyeluruh yang terintegrasi, terhadap seluruh alutsista TNI.

"Meminta Komisi I DPR mendorong Panglima TNI untuk menggunakan alutsista sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku," katanya.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak