Gempa Besar Memicu Peringatan Tsunami di Jepang

Senin, 01 Januari 2024 - 15:43 WIB
loading...
Gempa Besar Memicu Peringatan Tsunami di Jepang
Gempa di Jepang memicu peringatan tsunami di Jepang. Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Gempa bumi besar dengan kekuatan awal 7,6 melanda Jepang tengah pada Senin (1/1/2024. Itu memicu peringatan tsunami dan meminta penduduk di sekitar pantai untuk mengungsi.

Lembaga penyiaran publik NHK melaporkan tssunami setinggi sekitar 1 meter melanda sebagian pantai di sepanjang Laut Jepang dengan gelombang yang lebih besar diperkirakan terjadi.

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur pesisir Ishikawa, Niigata dan Toyama. Bangunan mulai bergoyang di kawasan sekitar ibu kota Tokyo. Awalnya tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa.

“Semua warga harus segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” demikian laporan NHK setelah gempa melanda wilayah Noto di prefektur Ishikawa sekitar pukul 16:10 waktu setempat (07:10 GMT). Dikatakan peringatan gempa lainnya telah dikeluarkan untuk Ishikawa.

Badan meteorologi AS dan Jepang menyatakan gelombang tsunami berbahaya setinggi hingga lima meter (16,5 kaki) mungkin terjadi di sepanjang pantai utara Jepang tengah dalam jarak 300 km (186 mil) dari pusat gempa berkekuatan 7,5 skala Richter.

Hokuriku Electric Power mengatakan pihaknya sedang memeriksa segala ketidakberesan di pembangkit listrik tenaga nuklirnya.

Juru bicara Kansai Electric Power mengatakan saat ini tidak ada kelainan pada pembangkit listrik tenaga nuklirnya namun perusahaan terus memantau situasinya dengan cermat.

Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi mengatakan tidak ada kelainan yang dilaporkan pada pembangkit listrik tenaga nuklir setelah gempa bumi, namun memperingatkan warga untuk bersiap menghadapi kemungkinan gempa lebih lanjut.

Sebelumnya, gempa bumi besar dan tsunami melanda timur laut Jepang pada 11 Maret 2011, menghancurkan kota-kota dan memicu krisis nuklir di Fukushima.



Sementara itu, Badan meteorologi Korea Selatan mengatakan permukaan laut di beberapa bagian provinsi Gangwon di pantai timur mungkin akan naik.

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang paling berisiko terkena gempa bumi.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)