Arus Balik Libur Tahun Baru, 40 Ribu Kendaraan Diprediksi Melintas Tol Semarang

Senin, 01 Januari 2024 - 13:09 WIB
loading...
Arus Balik Libur Tahun Baru, 40 Ribu Kendaraan Diprediksi Melintas Tol Semarang
Wakapolda Jateng Brigjen Pol Agus Suryonugroho saat melakukan pantauan Pos Pelayanan Terpadu di Simpang Lima bersama Forkopimda Kota Semarang, Minggu (31/12/2023) malam. Foto/Eka Setiawan/MPI
A A A
SEMARANG - Polda Jawa Tengah (Jateng) melakukan sejumlah langkah antisipasi termasuk rekayasa lantas dalam menghadapi peningkatan arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun demikian diperkirakan, peningkatan arus balik kali ini tidak setinggi saat lebaran.

"Baru mencapai 50 ribu kendaraan dibanding 90 ribu kendaraan saat lebaran kemarin. Kapasitas dan volume kendaraan masih bisa kita kendalikan sehingga skenario one way dan contra flow belum perlu dilakukan," ujar Wakapolda Jateng Brigjen Pol Agus Suryonugroho saat melakukan pantauan Pos Pelayanan Terpadu di Simpang Lima bersama Forkopimda Kota Semarang, Minggu (31/12/2023) malam.

Meski demikian pihaknya akan mengantisipasi puncak arus balik tahun yang diperkirakan terjadi pada tanggal 1 sampai 2 Januari 2024. Diperkirakan sebanyak 40 ribu kendaraan akan melintasi di tol wilayah Semarang.

"Untuk tol masih lancar, konsentrasi kami ada di rest area yang menuju Jakarta, kalau di Semarang di KM 424," ungkap mantan Dirlantas Polda Jateng itu.



Sebagai antisipasi jumlah pengunjung rest area di tengah keterbatasan tempat parkir kendaraan, pihaknya akan memberlakukan buka tutup di sejumlah rest area yang menuju Jakarta.

"Kita bersyukur sejauh ini di Jawa Tengah tidak ada kejadian menonjol terkait mudik natal dan tahun baru. Kami mohon doa restu seluruh masyarakat semoga Jawa Tengah tetap aman," tandasnya

Terkait pantauan perayaan malam tahun baru di wilayah Semarang, Wakapolda melihat antusiasme masyarakat lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Berdasarkan pantauan, meski di Kota Semarang diguyur hujan sejak sore hari, namun di sejumlah titik terjadi kepadatan aktivitas masyarakat yang merayakan malam tahun baru.

Menanggapi hal tersebut, Brigjen Pol Agus Suryonugroho menyebut pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar kegiatan masyarakat merayakan pergantian tahun berjalan lancar.

"Di Semarang tidak ada car free night, hanya tradisi perayaan malam tahun baru oleh masyarakat, terutama di Simpang Lima," ujarnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5581 seconds (0.1#10.140)