Kapolri Apresiasi Peran Lembaga Pendidikan Tinggi Ciptakan Rasa Aman

Senin, 12 Maret 2018 - 16:16 WIB
Kapolri Apresiasi Peran Lembaga Pendidikan Tinggi Ciptakan Rasa Aman
Kapolri Apresiasi Peran Lembaga Pendidikan Tinggi Ciptakan Rasa Aman
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan dalam menciptakan rasa aman di tengah masyarakat dibutuhkan peran serta lembaga pendidikan tinggi. Selama ini yang kita rasakan kalangan pendidikan tinggi turut menciptakan masyarakat yang lebih moderat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita apresiasi lembaga pendidikan tinggi. Masyarakatnya sangat kritis rasional dan cara berpikirnya juga logis serta tidak mudah diadu domba," ujar Tito dalam orasi ilmiahnya yang dibacakan Irjen Pol Iza Fadli di hadapan 650 peserta wisuda Universitas Borobudur Jakarta di JCC, Jakarta, Minggu, 11 Maret 2018.

Menurut Tito, dalam penelitian Polri pihak-pihak yang berusaha mengganggu kamtibmas lewat kampus biasanya gagal karena dalam kampus itu masyarakatnya sangat cerdas, rasional dan cara berpikirnya selalu mengedepankan logika sehat.

"Alhamdulillah. Polri bersyukur kalangan pendidikan tinggi memiliki peran besar dalam menjaga keamanan negeri ini," kata Iza Fadli yang kini menjabat Duta Besar Myanmar.

Rektor Univ Borobudur Basir Barthos dalam sambutannya mengharapkan para wisudawan-wisudawati mulai dari D3, S1, S2 hingga Doktor (S3) diharapkan bisa mengabdikan ilmu yang didapatkannya di tengah masyrakat. Basir juga mengajak agar alumni bisa menjadi pelopor keamanan dan ketertiban dalam lingkungannya.

Sejumlah tokoh yang turut diwisuda jadi doktor ilmu hukum antara lain Irjen Pol Widiyanto Poesoko, Deputi I bidang Politik Menko Polhukam; Edi Saputra, Hasibuan Anggota Kompolnas 2012-2016 yang kini Direktur Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) dan mantan Kapolda Bali Irjen (Pur) Totoy Herawan Indra.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5147 seconds (0.1#10.140)