Demokrat Merapat ke Jokowi, Wacana Poros Ketiga Sulit Direalisasikan

Senin, 12 Maret 2018 - 14:40 WIB
Demokrat Merapat ke Jokowi, Wacana Poros Ketiga Sulit Direalisasikan
Demokrat Merapat ke Jokowi, Wacana Poros Ketiga Sulit Direalisasikan
A A A
JAKARTA - Wacana pembentukan poros ketiga di Pilpres 2019 dinilai sulit direalisasikan. Pasalnya, Demokrat sebagai salah satu kekuatan politik yang bakal menginisiasi pembentukan poros tersebut menunjukkan sinyal bakal berjuang bersama Joko Widodo (Jokowi) di pemilu mendatang.

Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno mengatakan, jamak diketahui poros Cikeas yang dinahkodai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama ini memiliki magnet untuk menarik partai-partai politik lain untuk berkoalisi.

Peluang koalisi membentuk poros ketiga kini sulit terbentuk lantaran Demokrat menunjukkan sinyal dukungan kepada Jokowi sembari menyodorkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon pendampingnya.

"Kalau tidak ada Cikeas, saya kira poros ketiga susah direalisasikan," ujar Adi kepada SINDOnews, Senin (13/3/2018).

Adi mengungkapkan alasan mengapa peluang terbentuknya poros ketiga sulit direalisasikan bila tidak dipimpin Demokrat. Bila diinisiasi oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) misalnya, Adi menambahkan poros ketiga tak akan terbentuk.

"Misalnya diinisiasi oleh PKB untuk membentuk poros ketiga, itu susah. PKB mau ajak siapa, PAN belum tentu mau, PKS apa lagi. Suasana batin pemilih PKS dan PKB dari dulu tidak pernah bertemu. Persoalan di tingkat akar rumput itu tentu akan berpengaruh pada elite partai," ucap Adi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5290 seconds (0.1#10.140)