CERMIN AWARDS: 10 Aktor dan Aktris Internasional Terbaik 2023

Minggu, 31 Desember 2023 - 07:02 WIB
loading...
CERMIN AWARDS: 10 Aktor dan Aktris Internasional Terbaik 2023
Ryan Gosling dalam film Barbie memainkan karakter Ken secara comical tapi dengan karakter yang mendalam. Foto/Warner Bros. Pictures
A A A
JAKARTA - Menonton film dan serial berkualitas cemerlang, serta menyaksikan seorang aktor bertransformasi menjadi karakter yang diperankannya menjadi sebuah bonus yang saya dapatkan sejak menerbitkan kolom CERMIN sejak Mei tahun lalu.

Film dan serial berkualitas cemerlang tak hanya menjadi vitamin pemulih energi setelah menjalani hari-hari kurang menyenangkan. Menyaksikan kecemerlangan akting seorang aktor dalam film atau serial yang diperankannya juga seakan memberi energi tambahan karena bisa melihat betapa rapuh, rumit, dan tak terdefinisikannya manusia hari-hari ini.

CERMIN yang hanya bisa mengulas dua film dan serial setiap minggunya mau tak mau juga melakukan seleksi ketat terlebih dahulu. Artinya sebagian besar yang akhirnya bisa diulas memang punya kualitas jempolan dan termasuk di dalamnya sosok para aktor yang berperan besar membuat film menjadi sebuah karya sinematik cemerlang.



Inilah 1st CERMIN AWARDS 2023 edisi 10 aktor dan aktris internasional terbaik 2023. Nama aktor dan aktris disusun berdasarkan alfabet.

1. Annete Bening (Film: Nyad)

CERMIN AWARDS: 10 Aktor dan Aktris Internasional Terbaik 2023

Foto: Netflix

Annette berlatih selama 4-8 jam setiap hari di dalam air, dan pada akhirnya ia melakukan sendiri semua adegan renangnya tanpa memerlukan pemeran pengganti. “Tidak, orang-orang akan melihat cara saya berenang. Mereka akan mengenali jika itu milik orang lain. Saya sudah berlatih selama setahun untuk memiliki cara berenang seperti ini, “ ujarnya sebagaimana diungkapkan oleh IndieWire.

Sebelum Nyad, Annette sudah dinominasikan meraih piala Oscar sebanyak empat kali, masing-masing untuk The Grifters (1991), American Beauty (2000), Being Julia (2005), dan The Kids Are All Right (2011). Khusus untuk Nyad, Annette tak hanya berakting dengan wajah dan suara, tapi juga melalui caranya berenang. Ketika menontonnya, kita tahu ruh Diana Nyad sudah merasuk jauh ke dalam raga Annette dan kita bisa melihat betapa kompleks, rapuh, dan kegigihan yang dimilikinya.

Dalam Golden Globe 2024, Annette berhasil menjebol kategori Best Performance by a Female Actor in a Motion Picture Drama.

2. Bradley Cooper (Film: Maestro)

CERMIN AWARDS: 10 Aktor dan Aktris Internasional Terbaik 2023

Foto:Netflix

Dari A Star Is Born (yang memberinya nomine Oscar) ke Maestro adalah lompatan luar biasa jauh bagi Bradley. Ia kini mendorong dirinya ke luar dari kenyamanan, masuk menelikung ke dalam kehidupan Lenny (panggilan Leonard Bernstein, maestro dirijen Amerika pertama) dan istrinya, Felicia, yang tak banyak diketahui orang.

Di tangan Bradley, kita melihat sosok flamboyan Lenny sejak awal. Mudah sekali akrab dengan siapa pun berkat pembawaannya yang ceria dan sekaligus karismatik, juga tentu saja dengan kepiawaiannya melakoni beragam peran (sebagaimana Bradley). Lenny adalah seorang dirigen, komposer, dan pencipta lagu.

Tapi Lenny juga adalah seorang suami bagi Felicia yang sangat mencintainya, dan tiga orang anak yang sangat mengidolakan ayahnya. Kita tahu ada 'musim panas' yang terus menggelegak dalam diri Lenny yang sudah dilihat Felicia sejak awal. 'Musim panas' itulah yang membuatnya hidup sekaligus mengisinya dengan musik.

3. Cillian Murphy (Film: Oppenheimer)

CERMIN AWARDS: 10 Aktor dan Aktris Internasional Terbaik 2023

Foto: Universal Pictures

Akhirnya Cillian mendapat sorotan terkait keaktorannya. Dua filmnya yang sama-sama masuk sirkuit penghargaan film pada 2006, yaitu The Wind that Shakes the Barley dan Breakfast on Pluto, anehnya malah tak dilirik Golden Globe maupun Academy Awards. Perlu waktu hingga 15 tahun setelahnya barulah Cillian dikenal Golden Globe berkat aktingnya yang intens sebagai Bapak Bom Atom, Robert J Oppenheimer.

Dalam sebuah wawancara, Cillian mengaku bahwa ia melakukan riset selama enam bulan demi perannya kali ini. Ia mengorbankan banyak hal dan melakukan persiapan sesempurna mungkin. Begitupun menurutnya sering kali riset tak banyak membantu ketika tiba saatnya berakting di depan kamera.

“Anda bisa melakukan semua riset, dan saya melakukannya untuk Oppenheimer. Saya melakukan riset selama enam bulan, tetapi ketika saatnya tiba, hanya Anda dan aktor lain serta sutradara, dan yang penting adalah kejujuran dan momen di dalamnya,” ujar Cillian.

“Semua riset di dunia (pada akhirnya) tidak akan membantu Anda dalam hal ini. Saya menjadi lebih baik dalam melakukan hal itu hanya karena bersikap terbuka”.

4. Colman Domingo (Film: Rustin)

CERMIN AWARDS: 10 Aktor dan Aktris Internasional Terbaik 2023

Foto: Netflix

Kita tahu bahwa perubahan selalu datang dari para pemberani. Seperti Bayard yang yang tak pernah takut dengan yang pernah terjadi pada masa lalunya sebagai mantan anggota partai komunis, tak pernah takut mengakui identitasnya sebagai seorang homoseksual, dan selalu memperlihatkan dirinya sebagai seorang flamboyan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)