Bupati dan Pengusaha Teken Kerja Sama Prukades, Ini Manfaatnya

Kamis, 08 Maret 2018 - 17:41 WIB
Bupati dan Pengusaha Teken Kerja Sama Prukades, Ini Manfaatnya
Bupati dan Pengusaha Teken Kerja Sama Prukades, Ini Manfaatnya
A A A
JAKARTA - Sebanyak 102 bupati dan puluhan pelaku usaha menandatangani Pola Kemitraan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Acara penandatangan Pola Kemitraan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) digelar pada forum Jakarta Food Securty Summit 2018, Kamis (8/3/2018).

Ada sejumlah manfaat yang ditawarkan oleh program ini. Salah satunya membuka lapangan pekerjaannya bagi masyarakat perdesaan.

"Dari semua (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani, diperkirakan bisa menyerap tenaga kerja sampai 10 juta jiwa," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Tidak hanya menciptakan lapangan kerja, Prokades juga akan memberi kemudahan bagi masyarakat untuk meningkatkan skala ekonomi desa. Melalui Prukades, kata Eko, desa-desa miskin berskala ekonomi kecil akan disatukan.

Desa-desa tersebut selanjutnya diberi bantuan bibit, pupuk, hingga infrastruktur, untuk mengembangkan satu komoditas tertentu, seperti padi, jagung, gula, garam, serta komoditas lainnya.

"Prukades ini pemerintah memberi insentif berupa bibit, pupuk, traktor, infrastruktur, untuk fokus pada satu komoditi tertentu sehingga mempunyai skala ekonomi yang besar, kita bisa bawa dunia usaha dan bank untuk membantu dalam model ini," ucap Eko.

Lantas, berapa besar bantuan yang dikucurkan pemerintah pusat kepada tiap-tiap desa? Eko mengatakan bantuan diberikan sesuai dengan luas lahan yang akan digarap.

"Tergantung. Kementerian Pertanian membantu bibit, pupuk, traktor, untuk 50 hektare itu lebih dari 50 miliar. Terus ada perusahaan investasi pasca panen. Kementerian Pekerjaan Umum memberikan jembatan, dan sebagaimana," tutur Eko.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5622 seconds (0.1#10.140)