Seratusan Bupati dan Pengusaha Teken Kerja Sama Kemitraan Prukades

Kamis, 08 Maret 2018 - 16:14 WIB
Seratusan Bupati dan Pengusaha Teken Kerja Sama Kemitraan Prukades
Seratusan Bupati dan Pengusaha Teken Kerja Sama Kemitraan Prukades
A A A
JAKARTA - Seratusan Bupati dan puluhan perusahaan menandatangani Pola Kemitraan Program Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Kamis (8/3/2018).

Penandatanganan Pola Kemitraan Prokades yang dilakukan pada acara forum Jakarta Food Security Summit 2018 itu disampaikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo.

Dengan penandatanganan Pola Kemitraan Prukades ini ada lebih dari 200 kerja sama yang bakal menarik investasi senilai kurang lebih Rp47 triliun.

"102 bupati dan 68 dunia usaha menandatangani 200 kerja sama Prukades. Dari semua yang ditandatangani, diperkirakan bisa menyerap tenaga kerja sampai 10 juta jiwa jika nanti semua berjalan," kata Eko Putro saat ditemui usai acara.

Dalam Pola Kemitraan Prukades, kata Eko Putro, kementerian terkait yang digandeng Kemendes PDTT bersama dunia usaha, pemda, serta perbankan akan melakukan kerjasama untuk meningkatkan program unggulan di tiap wilayah serta investasi. (Baca juga: JK Buka Pagelaran Jakarta Food Security Summit ke-4 )

Salah satunya, yakni membangun perkebunan gula di Malili, Sumba Timur yang total investasinya mencapai Rp4 triliun.

"Malili, itu daerah yang sangat ekstrem. Itu satu perusahaan kerjasama dengan Pemda dan daerah transmigrasi. Diharapkan pada tahun 2019 nanti dapat memproduksi 200 ribu ton gula," tutur Eko.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0487 seconds (0.1#10.140)