Patroli, Polisi Turki Pakai Ferrari

Rabu, 27 Desember 2023 - 10:04 WIB
loading...
Patroli, Polisi Turki Pakai Ferrari
Polisi Turki menggunakan mobil sport seperti Ferrari, Bentley, dan Porsche untuk patroli. (Foto: Auto Evolution)
A A A
JAKARTA - Polisi Turki bukan kaleng-kaleng saat bekerja. Mereka bisa tersenyum bangga karena bisa berpatroli menggunakan mobil sport seperti Ferrari, Bentley, dan Porsche.

Mereka pun disebut bisa menyaingi polisi Dubai yang terkenal memiliki aset mobil-mobil kepolisian supermewah. Mobil patroli polisi Dubai memang menggunakan mobil-mobil sport seperti Lamborghini, Ferrari, Bentley, dan sebagainya.

Melansir Autoevolution, Rabu (27/12/2023), polisi Turki baru saja menerima 23 mobil sport dan supermewah yang dijadikan armada kepolisian.

Tidak tangggung-tanggung mobil-mobil sport seperti Ferrari 488 GTB dan Porsche Taycan Turbo S kini jadi mobil harian yang digunakan oleh polisi Turki. Mobil-mobil lainnya juga tak kalah mentereng, yakni Bentley Continental GT, Land Rover Range Rover, Audi A6, Mercedes-Benz G-Class, Mercedes Benz GLS, BMW Seri 1, dan lain-lain.



Menariknya polisi Turki sama sekali tidak keluar uang untuk menggunakan mobil tersebut. Ternyata puluhan mobil sport dan mobil supermewah itu merupakan milik gembong narkoba berpaspor Australia, Hakan Ayik. Polisi Turki baru saja menahan pelaku kriminal internasional itu. Mereka juga menyita semua harta kekayaan pria berdarah Turki itu seperti 23 mobil sport dan mobil supermewah.

Mobil-mobil itulah yang kemudian langsung disita dan dialihgunakan jadi mobil kepolisian. Diperkirakan total nilai dari puluhan kendaraan tersebut mencapai USD5 juta atau setara Rp76,7 miliar.

Menteri Dalam Negeri Turki Ali Yerlikaya mengatakan, seluruh kendaraan tersebut dialihfungsikan jadi mobil kepolisian berdasarkan putusan pengadilan. Jadi mereka tidak serta merta mengambil dan menggunakan mobil tersebut tanpa dasar hukum yang kuat. "Kendaraan ini akan digunakan untuk mengemban tugas negara," ujarnya.



Hanya saja ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan puluhan mobil sport dan mobil mewah sebagai mobil operasional. Biaya perawatan mobil-mobil tersebut tentu tidak akan murah.

Seharusnya mobil sport dan mobil mewah milik Hakan Ayik itu dilelang ke masyarakat umum. Hasil lelang tentu akan jadi pendapatan tambahan buat negara. "Merawat Ferrari , Bentley dan mobil listrik Porsche Taycan tidak akan murah. Apalagi beberapa mobil tersebut tidak memiliki reliabilitas yang baik," saran Autoevolution.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)