5 Penemuan Teknologi Keren Perusahaan Elon Musk, Nomor Terakhir Bikin Heboh di Tahun 2023

Minggu, 24 Desember 2023 - 11:05 WIB
loading...
5 Penemuan Teknologi Keren Perusahaan Elon Musk, Nomor Terakhir Bikin Heboh di Tahun 2023
Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia dengan menguasai sejumlah perusahaan teknologi besar. Foto/India Today/Bussines Insider/x
A A A
TEXAS - Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia dengan menguasai sejumlah perusahaan teknologi besar. Mungkin dia bukan seorang ilmuwan yang menemukan langsung teknologi tersebut, namun sebagai CEO banyak mengambil keputusan makro yang penting.

Elon Musk juga memiliki pengetahuan teknis dan desain yang telah membantu proyek perusahaannya. Salah satu yang terkenal ketika memimpin tim yang merancang Tesla Roadster, sebuah mobil listrik yang menjadi sorotan.

Namun bukan hanya itu saja penemuan yang dimiliki Musk. Beberapa penemuannya telah mengubah dunia secara luas, sementara penemuan lainnya berpotensi mengubah posisi kita di alam semesta. Berikut 5 perusahaan teknologi Elon Musk yang banyak mempengaruhi perkembangan dunia dirangkum dari laman Slash Gear, Minggu (24/12/2023).

1. Starlink Internet

5 Penemuan Teknologi Keren Perusahaan Elon Musk, Nomor Terakhir Bikin Heboh di Tahun 2023

Starlink adalah layanan yang menghubungkan pengguna ke internet dengan mengarahkan satelit kecil di orbit rendah bumi. Sebanyak 5.500 satelitnya menyediakan internet ke lebih dari 60 negara, dan lebih banyak lagi yang direncanakan untuk menjangkau bintang-bintang.

Teknologi ini menghilangkan kebutuhan akan sambungan kabel tradisional. Apalagi tidak semua orang memiliki akses terhadap infrastruktur darat. Layanan yang dikembangkan oleh SpaceX ini telah mengubah kehidupan banyak orang sejak diluncurkan pada tahun 2019.

Stralink juga menjadi alat yang berguna untuk menyediakan akses internet untuk kendaraan yang bergerak. Tim Tesla bahkan menggunakan Starlink untuk menyiarkan langsung perjalanan Cybertruck ke Samudra Pasifik.



Layanan ini tidak hanya digunakan oleh konsumen sehari-hari, namun juga terbukti penting bagi Ukraina setelah invasi Rusia. Setelah Rusia menutup semua layanan lainnya ke Ukraina, Starlink menjadi sumber komunikasi utama tentara Ukraina.

Meskipun Starlink bukan satu-satunya layanan internet satelit, dengan pertumbuhannya yang pesat dan potensi 42.000 satelit di masa depan, Starlink memiliki banyak potensi. Perusahaan juga memiliki rencana untuk meluncurkan layanan telepon satelit Starlink di masa mendatang.

2. Neuralink

5 Penemuan Teknologi Keren Perusahaan Elon Musk, Nomor Terakhir Bikin Heboh di Tahun 2023

Didirikan oleh Musk pada tahun 2016, Neuralink adalah perusahaan neuroteknologi untuk mengembangkan teknologi antarmuka otak-komputer (BCI). Teknologi ini bertujuan untuk menghubungkan otak ke perangkat eksternal dengan mengekspor informasi yang dipancarkan oleh aktivitas neuron melalui probe yang dimasukkan ke dalam otak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)