Ini Alasan Pengumuman SBMPTN Dimajukan Jadi 14 Agustus

Senin, 10 Agustus 2020 - 11:53 WIB
loading...
Ini Alasan Pengumuman SBMPTN Dimajukan Jadi 14 Agustus
Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi memajukan pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) . Pemajuan pengumuman ini dilakukan untuk mendukung proses penerimaan mahasiswa baru di jalur mandiri.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo mengatakan, pertimbangan dimajukannya pengumuman SBMPTN dari tanggal 20 Agustus menjadi 14 Agustus karena para rektor meminta untuk dimajukan karena di masing-masing kampusnya ada seleksi jalur mandiri.

"Para rektor mendorong bisa dimajukan agar jalur mandiri dapat segera dilaksanakan,” katanya ketika dihubungi SINDONews, Senin (10/8). (Baca juga: Catat! Pengumumam UTBK SBMPTN Dimajukan Jadi 14 Agustus 2020 )

Diketahui, penerimaan mahasiswa baru di PTN dibuka untuk tiga jalur. Pertama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota daya tampung setiap program studi SNMPTN paling sedikit 20% dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Adapun kuota SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40%. Sementara, kuota yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30%. (Baca juga: Pengumuman SBMPTN Dimajukan 14 Agustus, Ini 12 Laman Miror yang Bisa Diakses )

Budi melanjutkan, hasil nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan untuk SBMPTN ini ternyata banyak juga PTN yang menggunakan nilai UTBK ini sebagai salah satu kriteria di seleksi mandiri.

Oleh karena itu, ujarnya, tim LTMPT pun berusaha dengan maksimal untuk memenuhi permintaan tersebut dengan bekerja lembur.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4025 seconds (0.1#10.140)