Lirik Sholawat Tibbil Qulub Bahasa Arab, Latin, dan Keutamaan

Sabtu, 23 Desember 2023 - 09:30 WIB
loading...
Lirik Sholawat Tibbil Qulub Bahasa Arab, Latin, dan Keutamaan
Bacaan sholawat tibbil qulub. Foto istimewa
A A A
Lirik sholawat Tibbil Qulub menjadi informasi penting untuk diketahui. Pasalnya, bacaan sholawat ini termasuk di antara amalan yang memiliki banyak keutamaan dan khasiat.

Fadhilah melaksanakan amalan bersholawat tak perlu diragukan lagi. Keutamaannya bahkan diperintah langsung oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an. Pada sebuah hadis disebutkan bahwa Nabi ﷺ bersabda: "Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersoalawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim)

Ada beragam bacaan sholawat populer yang biasa dilantunkan umat Muslim. Sebut saja seperti Sholawat Jibril, Sholawat Badar, hingga Sholawat Tibbil Qulub atau biasa dikenal juga dengan Sholawat Syifa.

Berikut lirik Sholawat Tibbil Qulub yang bisa disimak dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahannya.

Lirik Sholawat Tibbil Qulub

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم


Latin: “Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa'aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim”.

Terjemahan: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya."

Keutamaan Sholawat Tibbil Qulub

Setelah mengetahui lirik bacaan Sholawat Tibbil Qulub, ada baiknya untuk memahami juga keutamaan dari sholawat tersebut. Salah satu keutamaan Sholawat Tibbil Qulub adalah menjadi wasilah untuk kesembuhan penyakit apa pun, tentunya atas izin Allah SWT.

Pada kumpulan Kalam Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Athos, ada sebuah kisah yang menjelaskan keutamaan Sholawat Tibbil Qulub. Dikisahkan: "Seseorang yang lemah penglihatannya datang menemui Al-Habib sembari mengeluh. Kemudian beliau mengusap kedua mata lelaki itu dan memerintahkannya untuk memperbanyak membaca Sholawat Tibbil Qulub (Syifa')."

Demikian ulasan mengenai lirik Sholawat Tibbil Qulub yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)