Islam dan Negara Saling Melengkapi

Kamis, 15 Februari 2018 - 08:35 WIB
Islam dan Negara Saling Melengkapi
Islam dan Negara Saling Melengkapi
A A A
JAKARTA - Islam tidak dapat di pisahkan dalam kehidupan bernegara. Islam merupakan sum bernilai yang mewarnai setiap produk kebijakan negara.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie dalam diskusi ”Umat Islam dalam Spektrum Politik” di Masjid Cut Mutia, Jakarta, kemarin. ”Islam itu me mainkan spiritual moral untuk memberi pencerahan kehidupan, termasuk dalam berbagai sendi kehidupan bernegara,” ujarnya.

Jimly mengatakan, dalam setiap kehidupan bernegara baik dalam politik, ekonomi, maupun sosial harus bersumber pada nilai-nilai spiritual. Dengan demikian, keluaran yang dihasilkan dari kehidupan politik, ekonomi, dan sosial memberikan kemanfaatan yang besar bagi warga bangsa.

”Apalagi tatkala dalam berpolitik kita harus membawa agama, dalam berusaha dan berbisnis kita juga harus membawa agama, agar apa yang kita usahakan tidak kebablasan. Ada kontrol dan ini fungsi utama. Tidak ada manipulasi, tidak ada markup, tidak ada unsur penipuan, tidak ada barang dagangan yang tidak layak. Itu dalam berbisnis,” ungkapnya.

Dia menegaskan tidak larangan berbicara politik di masjid. Hanya, tentu politik yang dibicarakan dalam masjid bu kanlah politik praktis yang bertujuan untuk membelah umat. ”Ya harus pisahkan dalam konteks politik praktis dengan pengajian. Nah, kalau pengajian tidak apa-apa. Syukur-syukur pengajian diarahkan meng arah kepada politik kebangsaan, bukan politik yang memecah belah,” ungkapnya.

Ketua Umum dan Pengurus Pusat Badan Koordinasi Mubalig se-Indonesia Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, Islam harus bisa menjadi inspirasi bagi dinamika politik di Indonesia.

Menurutnya, dengan ada nya nilai-nilai Islam maka politik bisa diarahkan untuk kemaslahatan umat. ”Jangan lupa partai politik jika tidak diisi oleh orang baik, maka akan diisi oleh orang jahat. Kami tidak mau pengalaman masa lalu mendatangkan kemudaratan bagi umat Islam,” katanya.

Oleh karena itu, sebagai pengurus Bakomukmin, Ngabalin mengatakan akan terus me nyuarakan pentingnya Is lam sebagai sumber nilai dalam dunia politik di Indonesia. Dia berharap bahwa pemahaman Is lam dan politik harus bersatu bisa sampai ke seluruh masyarakat Indonesia.

”Ini akan kita lihat saat pemilu nanti. Harapan kita jangan sampai umat Is lam ti dak menggunakan haknya untuk memilih. Kami berharap umat islam menggunakan hak pilihnya, tentu dengan pilihan yang terbaik. Jangan ada yang berani memecah belah umat beragama di Indonesia,” katanya. (Binti Mufarida)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8119 seconds (0.1#10.140)