Alasan Mengapa Federasi Sepak Bola Rusia Batal Gabung AFC

Kamis, 21 Desember 2023 - 12:16 WIB
loading...
Alasan Mengapa Federasi Sepak Bola Rusia Batal Gabung AFC
Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) dikabarkan batal bergabung ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). RFU dilaporkan telah memutuskan untuk bertahan di Eropa / Foto: InsideTheGames
A A A
Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) dikabarkan batal bergabung ke Konfederasi Sepak Bola Asia ( AFC ). RFU dilaporkan telah memutuskan untuk bertahan di Eropa.

Rusia awalnya berniat untuk bergabung ke AFC setelah diasingkan dari Eropa dan dunia lantaran melakukan penyerangan ke Ukraina. Tidak hanya soal politik, pengasingan ini merembet ke dunia olahraga termasuk sepak bola.

Timnas Rusia beserta klub-klub di dalamnya tidak diikutsertakan dalam kompetisi Eropa dan dunia. Sejauh ini, mereka hanya melakoni beberapa pertandingan persahabatan.



Akibatnya, RFU berencana untuk bergabung dengan AFC demi mengikutsertakan Timnas Rusia ke dalam kompetisi. Akan tetapi, menurut laporan Soha VN, wacana itu telah dibatalkan. Keputusan itu dibuat dalam pertemuan internal yang diadakan RFU.

"Pada pertemuan penutupan tahun 2023, Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) mengadakan pemungutan suara untuk memutuskan apakah akan memilih AFC atau UEFA (Konfederasi Sepak Bola Eropa)," tulis Soha VN dalam laporannya, dikutip pada Kamis (21/12/2023).

"Dan akhirnya, komite eksekutif RFU sepakat bahwa opsi yang lebih layak adalah tetap bertahan di UEFA, sambil terus ‘memantau situasi’. Ketua RFU Alexander Dyukov juga mendukung keputusan ini," sambung laporan tersebut.



Andai kabar itu benar, tentu saja batalnya RFU bergabung dengan AFC menguntungkan bagi tim-tim di Asia. Sementara itu, belum ada sinyal dari Eropa untuk kembali menerima Rusia, termasuk dalam dunia olahraga.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)