Pemerataan Infrastruktur Internet Tanpa Campur Tangan Asing

Senin, 10 Agustus 2020 - 06:10 WIB
loading...
Pemerataan Infrastruktur Internet Tanpa Campur Tangan Asing
Pratama Persadha
A A A
Pratama Persadha
Chairman lembaga riset keamanan siber (Communication & Information System Security Research Center)


KEBERHASILAN pemerintah menyelesaikan proyek Palapa Ring Timur pada 2019 patut diapresiasi. Namun untuk internet sampai ke masyarakat, tidak cukup di situ saja. Palapa Ring adalah proyek nasional pembangunan tulang punggung kabel serat optik, khusus untuk menjangkau daerah yang belum tersentuh internet alias daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), belum ditarik sampai last miles.

Perlu kerja sama dengan operator agar internet sampai ke masyarakat. Data mencatat pemakai internet Indonesia saat ini di kisaran 170-180 juta orang. Adanya Palapa Ring Timur seharusnya meningkatkan angka ini kepada 200 juta pemakai internet, bila benar-benar sudah bisa dirasakan masyarakat.

Dengan terjadinya Covid-19, pada akhirnya pemerintah, swasta, dan masyarakat menyadari bahwa internet sangat dibutuhkan. Tidak hanya sebagai sarana pendukung kegiatan ekonomi, tetapi juga untuk sektor pendidikan dan sektor lainnya. Karena itu, sejak lama Kominfo berusaha memaksimalkan akses internet agar segera sampai ke daerah. Kominfo sendiri dalam beberapa hari terakhir mengungkapkan ketertarikannya kembali pada Google Loon, meski belum mengungkapkan alasan mendetail faktor yang membuat Google Loon kembali diperhitungkan dalam upaya percepatan pemerataan internet di Tanah Air.

Google Loon memang sempat menjadi pertimbangan Kominfo pada 2015, di era Rudiantara. Namun, berangsur surut tanpa kabar. Kenya menjadi negara pertama yang mengimplementasikan Google Loon dalam proyek internet skala nasional. Tercatat dalam uji coba perdananya ada sekitar 35.000 warga yang mendapatkan akses 4G, mencakup luas 50.000 km2. Namun, kemudahan implementasi Google Loon juga harus dipikirkan masak-masak. Karena bukan tanpa risiko, terutama terkait kesiapan regulasi, keamanan pengelolaan data dan isu industri dalam negeri.

Idealnya, pemerintah harus fokus pada pemanfaatan Palapa Ring bersama operator agar segera bisa dinikmati masyarakat, dibanding mempertimbangkan pemakaian Google Loon. Sangat penting melanjutkan pembangunan infrastruktur internet secara mandiri atau dengan sumber daya dalam negeri. Sekarang persaingan antarnegara berbasis data bisa dilihat bagaimana AS dan Eropa membatasi Huawei akibat teknologi 5G-nya. Karena dalam persaingan antarnegara di era modern ini, penguasa infrastruktur digital adalah penguasaan informasi sebenarnya. Karena itu, saat Huawei leading di 5G, banyak negara Barat sangat khawatir.

Dengan kondisi seperti saat ini, sebaiknya fokus pada yang sudah ada. Apalagi Google punya rekam jejak pajak kurang baik di Tanah Air. Terkait infrastruktur internet, sebenarnya tak hanya Google yang sedang gencar menawarkan teknologinya, perusahaan milik Elon Musk Starlink juga cukup gencar. Starlink bahkan sudah mulai menawarkan proyek internet murah ke seluruh dunia, lewat program satelit SpaceX mereka. Mulai 2021 Starlink akan mulai membangun dan mengirimkan satelit yang membantu operasi internet di luar AS dan Kanada.

Starlink adalah perusahaan yang diproyeksikan menjadi provider di seluruh dunia. SpaceX sudah meluncurkan 422 satelit dengan Falcon 9-nya. Diperkirakan sampai akhir tahun akan ada total 720 sampai 800 satelit yang mengorbit dan menjadi modal uji coba internet di Kanada dan AS bagian utara. Sampai saat ini, SpaceX telah mendapatkan izin untuk mengorbitkan 12.000 satelit dari FCC (Federal Communication Commision). Elon Musk sendiri menargetkan 30.000 izin satelit untuk mewujudkan impiannya menyediakan internet murah ke seluruh dunia. Elon Musk sudah mengajukan izin tersebut ke FCC beberapa waktu yang lalu.

Kita tahu bersama, dengan keberadaan teknologi dan internet, banyak kejadian luar biasa di dunia dalam 10 tahun terakhir. Arab Spring yang dimulai dengan konten martir di internet. Kemenangan para politisi yang populer lewat media sosial. Adanya shifting pasar luar biasa dari luring ke daring yang juga didorong oleh aplikasi yang tumbuh pesat. Tentu yang paling menghebohkan adalah kemenangan Trump di pilpres AS 2016 dan Brexit di Inggris, keduanya menang dengan memanfaatkan Facebook untuk memengaruhi opini publik.

Bila kita lihat daftar harga internet yang disodorkan Elon Musk via Starlink, benar-benar mengagetkan, ratusan kali lebih murah dan lebih cepat dari provider di Tanah Air saat ini. Tentu bagi konsumen sangat menyenangkan, namun apakah artinya bagi negara dan industri telekomunikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)