Penyaluran Bantuan PKH Tahap I Ditarget Tuntas Februari

Selasa, 06 Februari 2018 - 14:13 WIB
Penyaluran Bantuan PKH Tahap I Ditarget Tuntas Februari
Penyaluran Bantuan PKH Tahap I Ditarget Tuntas Februari
A A A
JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) melaksanakan rapat persiapan penyaluran bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap I. Penyaluran Bansos PKH akan bersamaan dengan penyaluran antuan Pangan Nontunai (BNPT).

"Ini menjadi tanggung jawab kita semua, tanggung jawab untuk menyukseskan penyaluran bansos ini adalah tanggung jawab seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Sosial dan seluruh stakeholder terkait," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras ketika memberikan arahan pada rapat tersebut, di Kantor Kemensos, Jakarta, dalam keterangan tertulis Kemensos, Selasa (6/2/2018).

Selain Sekretaris Jenderal, hadir juga Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat, pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Sosial, pejabat Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara, perwakilan Himbara dan Tenaga Ahli Komisi VIII DPR.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial dalam penjelasan tehnis menyampaikan penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2018 mulai disalurkan bulan Februari.

"Tahapan penyaluran PKH memasuki tahap 1 akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yaitu Februari," papar Harry.

Penyaluran bantuan sosial PKH melibatkan berbagai pihak dan stakeholder terkait untuk memastikan bansos PKH tersalurkan tepat sesuai waktu yang telah ditetapkan.

"Peningkatan kerja sama antara Kementerian Sosial, pemerintah daerah dan bank-bank Himbara perlu dilakukan untuk memastikan pencairan tepat waktu," kata Harry.

Pelaksanaan penyaluran PKH tahap I dapat menjadi media bersama untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan PKH.

Masalah yang ditemui dilapangan dapat segera diketahui dan dicari jalan penyelesaiannya. "Banyak pihak berkepentingan memastikan KPM PKH menerima bantuan sosial sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, sekaligus menjadi media koordinasi dan evaluasi bersama serta mencari solusi dari kendala yang dihadapi," harap Harry.

Seperti diketahui, bansos PKH disalurkan oleh empat bank pemerintah, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN yang tergabung dalam Himbara.

Kementerian Sosial juga ingin memastikan tersedianya agen bank yang dilengkapi EDC dan tersedianya ATM agar KPM bisa mengambil bantuan.

"Kami berharap outlet-outlet pencairan bantuan cukup tersedia, sehingga tidak menyulitkan bagi KPM untuk mencairkan bantuannya," ucap Harry.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8384 seconds (0.1#10.140)