3 Alasan Park Hang Seo Diisukan Menjadi Pengganti Shin Tae Yong untuk Latih Timnas Indonesia

Selasa, 19 Desember 2023 - 04:04 WIB
loading...
3 Alasan Park Hang Seo Diisukan Menjadi Pengganti Shin Tae Yong untuk Latih Timnas Indonesia
3 Alasan Park Hang Seo Diisukan Menjadi Pengganti Shin Tae Yong untuk Latih Timnas Indonesia
A A A
JAKARTA - Park Hang Seo menjadi salah satu kandidat kuat pengganti Shin Tae yong , jika juru taktik Timnas Indonesia tersebut tidak diperpanjang kontraknya pada Juni 2024 mendatang.

Sepanjang masa kepelatihan Shin Tae Yong, Timnas Indonesia telah mencapai sejumlah prestasi yang cukup membanggakan.

Salah satu pencapaian terbesar STY adalah sukses membawa timnas Indonesia dari berbagai kategori umum untuk berlaga di Piala Asia.


Namun pembuktian Shin Tae Yong yang sebenarnya baru akan dimulai di Piala Asia 2024 ini. Jika pelatih asal korea tersebut sukses membuat tim Garuda tampil impresif maka bukan tidak mungkin jika dirinya bakal dipertahankan.

Meski begitu, PSSI tetaplah akan mencari sejumlah nama pelatih baru. Bahkan media MSN Korea Selatan, mengklaim jika Indonesia tengah mendekati Park Hang Seo untuk menggantikan STY.

Lantas mengapa sosok Park Hang seo yang pernah menjadi pelatih Vietnam ini cukup menarik perhatian ? Berikut ini beberapa alasannya.

3 Alasan Park Hang Seo Diisukan Menjadi Pengganti Shin Tae Yong

1. Punya Prestasi Mentereng


Park Hang Seo yang mulai melatih Vietnam sejak tahun 2017 lalu, sukses mempersembahkan beberapa gelar bergengsi. Kala dirinya baru masuk, pelatih Korea ini sukses merebut trofi Piala AFF 2018.

Tidak hanya itu, pelatih kepala Vietnam ini juga berhasil meraih Piala AFF U23 di tahun 2022, dan mendapatkan medali emas di SEA Games 2022.

2. Punya Catatan Impresif


Bersama dengan Timnas Vietnam senior, Park Hang Seo telah melakoni total 54 pertandingan dengan catatan 26 kali menang, 12 kali imbang, dan 15 kali menelan kekalahan.

Terlebih pada tahun 2019 lalu, Park Han Seo sempat torehkan prestasi impresif kala sukses membawa Vietnam lolos ke perempatfinal Piala Asia.

Dirinya juga sukses bawa The Golden Star menuju fase grup akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk bersaing dengan negara-negara kuat macam Arab Saudi, Jepang, dan Australia. Meski pada akhirnya Vietnam gagal tampil di Piala Dunia Qatar 2022, namun catatan itu termasuk luar biasa.

Berkat pencapaian ke fase akhir grup Piala Dunia 2022 ini, Vietnam sukses menembus peringkat 100 besar FIFA di posisi 96 dunia.

3. Pelatih yang Sudah Habis Masa Kontraknya


Salah satu alasan kuat mengapa PSSI diisukan menggaet Park Hang Seo adalah karena masa kontraknya yang sudah habis bersama Vietnam pada awal 2023 lalu.

Kini dirinya diketahui memang sudah tidak melatih tim manapun, meski telah ada rumor dari beberapa klub Asia yang menginginkan tanda tangannya.

Sebagai pelatih yang masih menganggur, tentunya akan membuat tawaran dari PSSI akan lebih mudah untuk dijangkau.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)