Misteri Puake, Sosok Naga Raksasa Penunggu Sungai Kapuas

Senin, 18 Desember 2023 - 10:09 WIB
loading...
Misteri Puake, Sosok Naga Raksasa Penunggu Sungai Kapuas
Misteri Puake, sosok naga raksasa penunggu Sungai Kapuas cukup melegenda di kalangan masyarakat Kalimantan Barat. Foto/Facebook Info Kalimantan Barat
A A A
Misteri Puake, sosok naga raksasa penunggu Sungai Kapuas cukup melegenda di kalangan masyarakat Kalimantan Barat, khususnya Pontianak. Pasalnya, Puake kerap meminta tumbal di saat-saat tertentu.

Cerita rakyat ini terus diwarisi secara turun-temurun yang diduga tujuannya untuk senantiasa menjaga kelestarian Sungai Kapuas. Namun demikian, masyarakat Pontianak yang mendiami sekitar Sungai Kapuas mempercayai adanya Puake.

Alasan lain, kemunculan makhluk penjaga sungai Kapuas ini diyakini untuk mengingatkan kepada orang-orang agar mengadakan ritual buah-buah, seperti menyediahkan minyak, telur ayam kampung, bedak, paku dan nasi kuning.

Sementara itu, beberapa orang Pontianak juga percaya bahwa Puake itu memiliki bentuk ular panjang yang kepalanya berada di mulut muara dan ekornya berada dihulu sungai.



Sebagai informasi, dalam bahasa Melayu, Puake merupakan sosok makhluk raksasa yang mendiami Sungai Kapuas. Puake memiliki wujud seperti seekor naga raksasa.

Dikutip dari berbagai sumber, cerita tentang Puake ini bermula pada tahun 1994 di Pontianak. Kala itu, ada sejumlah anak sedang bermain menggunakan pelampung di Sungai Kapuas.

Entah dari mana datangnya, tetiba gelombang besar menghanyutkan anak-anak itu. Anak-anak tersebut hilang di Sungai Kapuas.

Kepala desa mengatakan bahwa hilangnya anak-anak karena ulah Puake. Penunggu Sungai Kapuas itu marah karena anak-anak berlaku tidak sopan ketika berenang.

Hingga akhirnya, Puake mengirimkan gelombang sungai untuk menenggelamkan mereka. Karena kejadian itu orangtua melarang anak-anak mereka untuk bermain di Sungai Kapuas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)