Ganjar ke Emak-emak: Kalau Punya Anak Sekolahkan yang Tinggi, Ojo Kesusu Rabi

Minggu, 17 Desember 2023 - 16:26 WIB
loading...
Ganjar ke Emak-emak: Kalau Punya Anak Sekolahkan yang Tinggi, Ojo Kesusu Rabi
Capres Ganjar Pranowo berdialog dengan emak-emak saat mengunjungi Pondok Pesantren Darussalam Timur di Desa Gunungpiring, Kecamatan Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023). FOTO/MPI/JONATHAN SIMANJUNTAK
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengingatkan para orang tua agar bisa menyekolahkan anaknya hingga sarjana. Ia meminta agar para orang tua tidak buru-buru menuntut anaknya menikah.

Hal itu disampaikan Ganjar kepada emak-emak saat mengunjungi Pondok Pesantren Darussalam Timur di Desa Gunungpiring, Kecamatan Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023).

Awalnya Ganjar menyampaikan harapannya agar anak-anak bisa mengenyam pendidikan hingga bergelar sarjana. Ia meyakini harapan itu bisa terwujud dengan peran pemerintah menanggung seluruh beban biaya pendidikan.



"Bu, kalau enten putrane jenengan, usia sekolah, ken sekolah nggih. Sekolahe sing dhuwur, nggih? Setuju? (Kalau punya anak, usia sekolah, disuruh sekolah ya, sekolahnya yang tinggi ya?)" kata Ganjar.

"Nggih," jawab emak-emak yang hadir.

Ia lantas menyinggung agar orang tua tidak menyuruh anak-anak buru-buru menikah. Hal itu agar bisa memastikan anak-anak Indonesia bisa mempunyai hak pendidikan dengan bersekolah hingga sarjana.

"Ojo kesusu rabi. Biar nantinya anak-anak perempuan, dan laki-laki punya hak yang sama, bisa sekolah tinggi (Jangan buru-buru nikah. Biar nantinya anak-anak perempuan, dan laki-laki punya hak yang sama bisa sekolah tinggi)," ucap Ganjar.

Pernyataan Ganjar kemudian langsung disambut positif emak-emak. Ganjar kemudian menjelaskan tujuan anak-anak sekolah hingga jenjang tinggi yakni untuk membuat Indonesia Unggul.



Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu mengatakan, Indonesia Unggul bisa tercapai jika sumber daya manusia (SDM) Indonesia bisa bersaing dengan SDM dari mancanegara.

"Kita itu SDA-nya sudah ada, kalau SDM-nya juga bisa bersaing, maka kita bisa mencapai Indonesia Unggul," kata Ganjar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)