alexametrics

Guru Diminta Berperan sebagai Desainer, Implementator dan Evaluator

Guru Diminta Berperan sebagai Desainer, Implementator dan Evaluator
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo akan menghadiri pembukaan Konferensi Kerja Nasional Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Batam hari ini. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo akan menghadiri pembukaan Konferensi Kerja Nasional Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Batam hari ini.

Tjahjo meminta pengurus PGRI agar memahami pengelolaan pendidikan dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah. Selain itu, ia berharap guru memerankan dirinya menjadi aktor berbagai peran sekaligus.

"Guru harus berperan sebagai desainer, implementator, dan evaluator kegiatan pembelajaran," tutur Tjahjo dalam siaran persnya, Jumat (2/2/2018).

Terkait hal ini, lanjut Tjahjo, pemerintah akan melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik atau guru di Indonesia. Salah satunya meningkatkan alokasi dana pendidikan dalam APBN sejak 2013 sebesar 20% dari total APBN.

"Melakukan perbaikan anggaran dengan ditambahnya program Tunjangan Profesi Guru (TPG) PNSD dan BOS," katanya.

Di samping itu, tambah Tjahjo, upaya pemerintah untuk menggalakkan pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan seperti, melakukan perubahan kurikulum, meningkatkan kualitas guru serta, meningkatkan tunjangan profesi guru yang telah memiliki sertifikat pendidik.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top