Sekjen Kwartir Nasional: Pramuka Adalah Saudara bagi Lainnya

Sabtu, 16 Desember 2023 - 20:33 WIB
loading...
Sekjen Kwartir Nasional: Pramuka Adalah Saudara bagi Lainnya
Sekjen Kwartir Nasional Mayjen TNI (Purn) Bachtiar saat Pelepasan Kontingen Indonesia Sako Pramuka SIT di Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (16/12/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pramuka dinilai bukan sekadar gerakan pandu saja. Namun Pramuka adalah saudara bagi lainnya, bagi semuanya. Pandangan ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwartir Nasional Mayjen TNI (Purn) Bachtiar.

"Tujuan dasar dari sebuah perkemahan, yaitu untuk menambah wawasan tentang kebudayaan dan sarana menambah serta memperkuat tali silaturahmi," kata Bachtiar saat Pelepasan Kontingen Indonesia Sako Pramuka SIT untuk Perkhemahan Internasional (Print) V di Gedung Dewantoro, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (16/12/2023).

Bachtiar mengungkapkan, bahwa kegiatan yang dihadiri 541 peserta secara online dan offline ini menegaskan kepada peserta kemah, bahwa sejalan dengan slogan, Pramuka adalah saudara bagi Pramuka yang lain.

"Agar Kontigen dapat menjaga etika dan tata krama pergaulan dengan sesama saat berkemah, serta berupaya memainkan peran sebagai duta Indonesia dalam memperkenalkan keindahan negeri serta objek-objek wisatanya," tuturnya.

"Kepada kakak-kakak Bindamping Kontingen untuk selalu menjaga adik-adik mulai dari pemberangkatan, saat perkemahan dan kembali ke Indonesia, kontingen pun juga harus patuh dan mengikuti arahan dari kakak-kakak bindamping Kontingen, jika ada masalah segera selesaikan dengan baik," sambungnya.

Sebagai penutup, Bachtiar mengucapkan terima kasih kepada siapa pun yang telah mensukseskan acara tersebut. "Serta ucapan selamat kepada seluruh anggota kontingen, dengan melepaskan secara resmi Kontigen Indonesia untuk Perkhemahan Internasional (Print) V, Malaysia," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3749 seconds (0.1#10.140)