Mensos Ungkap Banyak Faktor Penyebab Gizi Buruk di Asmat

Kamis, 01 Februari 2018 - 12:12 WIB
Mensos Ungkap Banyak Faktor Penyebab Gizi Buruk di Asmat
Mensos Ungkap Banyak Faktor Penyebab Gizi Buruk di Asmat
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham mengungkapkan banyak faktor penyebab merebaknya wabah campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat, Papua.

"Sebenarnya itu penyebabmya tidak tunggal, pertama juga kan ada masalah asupan, ibu-ibu, kemudian imunisasi vaksin dan lain-lain, itu kan mempengaruhi langsung tapi kan masyarakatnya tidak mau, iya sudah dilakukan," ujar Idrus di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (1/2/2018). (Baca juga: Satgas KLB Asmat Bertugas Selama Satu Tahun )

Dia mengaku sudah menjalankan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mendatangi langsung daerah tersebut, termasuk melakukan upaya tanggap darurat.

"Kalau saya tanggap darurat ini kan pengobatan yang sakit kita obati, lalu bagaimana makanannya nah setelah itu kita melakukan penataan," paparnya.

Sejumlah program Kementerian Sosial, kata Idrus, sudah disiapkan. "Khusus Kemensos kita sudah mempersiapkan beberapa program yang sudah jalan, sebenarnya program pengembangan komunitas agak terpencil, ini selaras dengan apa yang ditanyakan oleh presiden apa memungkinkan di relokasi, bukan relokasi total," ujar politikus Partai Golkar ini.

Relokasi yang dimaksudnya bersifat terbatas dengan mengonsentrasikan permukiman pada wilayah-wilayah tertentu. "Itu kan ada tanah ulayat kita nanti kita akan lihat itu semua," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1826 seconds (0.1#10.140)