Wamenaker Imbau Pekerja Migran Jadi Pelaku UMKM saat Kembali ke Indonesia

Kamis, 14 Desember 2023 - 23:02 WIB
loading...
Wamenaker Imbau Pekerja Migran Jadi Pelaku UMKM saat Kembali ke Indonesia
Wamenaker) Afriansyah Noor mengajak para Pekerja Imigran Indonesia (PMI) berwirausaha setelah kembali ke Tanah Air. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mengajak para Pekerja Imigran Indonesia (PMI) berwirausaha setelah kembali ke Tanah Air. Sebab dengan skill yang dimiliki para pekerja bisa menjadi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan Afriansyah Noor saat membuka seminar bertajuk “Pulang Kampung Jadi Juragan” di Malaysia, Minggu, 10 Desember 2023. Seminar yang diikuti puluhan pekerja migran ini menjadi salah satu kegiatan menarik setelah acara Business Matching And Entrepreneur Talk di event UMKM Merdeka Export 2023.

Afriansyah berharap, seminar ini bisa menjadi bekal mereka untuk berwirausaha ketika pulang ke Tanah Air. "Semoga bermanfaat untuk masa depan, ayo PMI janganlah ragu, berangkatnya legal pulangnya jadi juragan," kata Afriansyah.

Dia mengatakan, nantinya pemerintah akan mengedepankan untuk memberangkatkan pekerja formal ke negeri orang, tak lagi pekerja informal. Pekerja yang dikirim juga kebanyakan berusia muda sehingga para orang tua bisa berada di rumah.



"Yang berangkat bukan bapak atau ibunya, tapi yang kami berangkatkan anak-anaknya, yang mempunyai skill atau mempunyai kemampuan di bidangnya," jelasnya, Kamis (14/12/2023).

Inisiator Cybersjob dan Event UMKM Merdeka Export 2023, Dedi Yudianto mengatakan, kegiatan ini memiliki tujuan menjembatani PMI untuk bisa belajar dan sinergi dengan UMKM ketika mereka di Malaysia. Setelah kontrak kerja selesai, mereka bisa menjadi agen produk di desanya, selain mendorong ekspor produk UMKM dari daerah go global.



"Jadi kami mencoba untuk menaikkelaskan teman-teman pekerja migran, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. UMKM Merdeka Export bisa go global, dan pekerja migran bisa memasarkan di sana, lalu saat pulang kampung menjadi juragan," kata Dedi.

Menurut Dedi, acara ini diikuti oleh 50 orang dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) untuk bisa mensinergikan UMKM Indonesia di Malaysia. Para pekerja migran bisa membantu memasarkan produk UMKM Indonesia melalui relasinya selama berada di Negeri Jiran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3940 seconds (0.1#10.140)