Roket Supercepat Tanpa Rem Bakal Diuji Coba di Mars

Kamis, 14 Desember 2023 - 15:53 WIB
loading...
Roket Supercepat Tanpa Rem Bakal Diuji Coba di Mars
Roket Supercepat siap diuji coba di Mars pada tahun 2025. FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Sekelompok ilmuwan luar angkasa berencana mengirim kapal roket berkecepatan 11.000 mil per jam ke Mars tanpa rem apa pun di Mars.



Seperti dilansir dari Daily Start, Kamis (14/12/2023), proyek ini disebut sebagai "Project Decelerator" dan dipimpin oleh Dr. Andrew Grey dari Universitas California, Berkeley.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan teknologi baru yang memungkinkan kapal roket untuk mendarat di Mars dengan aman tanpa menggunakan rem.

Rem tradisional tidak dapat digunakan untuk kapal roket yang bergerak dengan kecepatan sangat tinggi karena dapat menyebabkan kerusakan pada kapal roket atau permukaan Mars.

Proyek Decelerator menggunakan teknologi yang disebut "aeroshell". Aeroshell adalah cangkang luar yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan panas.

Ketika kapal roket memasuki atmosfer Mars, aeroshell akan memanas dan menciptakan gaya gesek yang akan memperlambat kapal roket.

Proyek Decelerator masih dalam tahap pengembangan, tetapi para ilmuwan berharap dapat meluncurkan kapal roket pertamanya ke Mars pada tahun 2025.

Jika proyek ini berhasil, maka akan membuka jalan bagi misi ke Mars yang lebih aman dan efisien.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)