5 Drama Korea 2023 Populer yang Dicintai sekaligus Dibenci Penonton

Selasa, 12 Desember 2023 - 13:03 WIB
loading...
5 Drama Korea 2023 Populer yang Dicintai sekaligus Dibenci Penonton
Drama Korea 2023 yang populer dan dicintai sekaligus dibenci penonton salah satunya adalah Doona! Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Beberapa drama Korea tahun 2023 menciptakan perbedaan pendapat yang sangat tajam di antara para penontonnya. Sebagian menilainya sebagai salah satu yang terbaik, sementara sebagiannya justru sebaliknya.

Tentu saja, tiap penonton punya selera dan preferensi tontonan yang berbeda-beda. Namun biasanya ada serial yang benar-benar memecah penonton menjadi dua kubu ekstrem, yaitu yang menganggapnya sebagai yang terbaik, dan yang menilainya sebagai yang terburuk.

Meski tiap pendapat bisa diperdebatkan, tapi setiap orang tentu kembali harus menghargai penilaian orang lain. Karena perbedaan ini tak hanya berlaku dalam drama Korea saja, tapi juga serial, film, dan hal-hal lainnya di dunia ini.



Merekam perjalanan tahun 2023, berikut lima drama Korea yang sangat disukai penonton, tapi ada juga yang menganggapnya sebagai salah satu yang terburuk.

1. King the Land

5 Drama Korea 2023 Populer yang Dicintai sekaligus Dibenci Penonton

Foto: JTBC

Ada satu hal menarik dari hasil survei drakor terbaik dan terburuk yang dilakukan majalah ekonomi dan hiburan JoyNews24 pada September 2023. Dari dua kategori tersebut, King the Land ternyata masuk di keduanya.

Ini artinya, para responden yang merupakan para pelaku industri hiburan terbelah pendapatnya. Dari 200 responden, sebanyak 4 orang menganggap King the Land sebagai salah satu drakor terbaik pada 2023, tapi sebanyak 8 orang menilainya sebagai yang terburuk.

Para penonton dari kubu "terburuk" umumnya berpendapat bahwa drama romantis ini sangat klise, tidak menawarkan hal baru sedikit pun, dan hanya mengandalkan chemistry antara Junho 2PM dan YoonA SNSD. Sementara dari kubu "terbaik" menganggap serial ini sangat menghibur, ringan, dan mengingatkan mereka pada drakor-drakor romantis masa lampau.

2. Alchemy of Souls Season 2: Light and Shadow

5 Drama Korea 2023 Populer yang Dicintai sekaligus Dibenci Penonton

Foto: tvN

Ada perbedaan respons penonton untuk Alchemy of Souls Season 1 dan 2 dari penonton global. Di MyDramaList, ratingnya merosot dua poin, dari 9,1 ke 8,9.

Penonton yang kecewa dengan season 2 mengatakan bahwa musim keduanya mereduksi peran penting karakter utama perempuan menjadi hanya pelengkap kisah romantis. Padahal, pada musim pertama, karakternya menonjol dan kuat.

Sedangkan penonton yang menganggapnya bagus berargumen bahwa musim kedua memang lebih banyak kisah romantisnya karena ini adalah penutup dari cerita musim pertama yang lebih banyak konflik serta adegan laganya.

3. Doona!

5 Drama Korea 2023 Populer yang Dicintai sekaligus Dibenci Penonton

Foto: Netflix

Masih dari drakor romantis, Doona! juga membuat penontonnya terbelah pendapatnya dengan dua kubu berbeda. Jauh sebelum penayangannya, serial ini sudah ramai dibicarakan karena diperankan oleh Bae Suzy, yang belum lama dinobatkan sebagai aktris terbaik dalam Blue Dragon Series Awards untuk peran dalam Anna.

Namun saat ditayangkan, sebagian penonton menilai Doona! sangat membosankan karena skenario yang buruk, membuatnya jadi berada di bawah ekspektasi mereka. Sementara yang menyukainya berpendapat chemistry antara Suzy dan Yang Se-jong sangat baik dan menampilkan kisah cinta yang bikin baper.

4. Strong Girl Namsoon

5 Drama Korea 2023 Populer yang Dicintai sekaligus Dibenci Penonton

Foto: JTBC

Drakor fantasi, kriminal, dan romantis ini merupakan spin-off dari serial sukses Strong Girl Bong-soon. Tak heran, saat itu serialnya sangat ditunggu-tunggu. Namun rupanya saat ditayangkan sebagian penonton merasa kecewa.

Penyebabnya adalah karena penulis lebih menekankan pada kisah tentang narkoba dan menonjolkan karakter antagonis yang juga bandar narkoba, Ryu Si-o (Byeon Woo-seok), dibanding dua protagonis maupun kekuatan yang dimiliki Namsoon (Lee Yoo-mi). Sementara yang menyukainya terpikat pada pesona sang karakter antagonis.


5. Destined with You

5 Drama Korea 2023 Populer yang Dicintai sekaligus Dibenci Penonton

Foto: JTBC

Terakhir ada drakor adaptasi webtoon, Destined with You. Serial ini termasuk yang saat itu juga ditunggu-tunggu karena menampilkan kembali Rowoon dalam drama romantis, berdampingan dengan Jo Bo-ah.

Sayangnya, Destined with You dibenci sebagian penonton karena dianggap memiliki karakter utama perempuan yang bertindak kekanak-kanakan hingga mengganggu kenikmatan menonton. Sedangkan penonton yang menyukainya memuji sebagai salah satu serial terbaik karena ceritanya yang penuh fantasi dan bikin baper.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)