Siapa Diktator yang Sering Terlihat Menangis di Mata Publik?

Minggu, 10 Desember 2023 - 17:17 WIB
loading...
Siapa Diktator yang Sering Terlihat Menangis di Mata Publik?
Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korea Utara, kerap menangis saat tampil di depan publik. Foto/Reuters
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un terlihat menitikkan air mata saat siaran pidatonya baru-baru ini di media pemerintah, menandai salah satu dari beberapa kali diktator tersebut menangis di depan warganya.

Momen emosional terbaru Kim terjadi pada hari Minggu saat Pertemuan Nasional Para Ibu yang kelima di negara itu – pertama kalinya Korea Utara mengadakan acara tersebut dalam 11 tahun. Saat itu, para ibu dihormati karena telah mengabdi pada suami, anak-anak, dan negara mereka.

Tahun ini, Kim membahas penurunan angka kelahiran di Korea Utara dan menyerukan perempuan untuk melahirkan lebih banyak anak sebagai bentuk tugas patriotik.

“Menghentikan penurunan angka kelahiran dan menyediakan perawatan dan pendidikan anak yang baik adalah urusan keluarga kita yang harus kita selesaikan bersama dengan ibu kita,” kata pemimpin tersebut dalam pidatonya, menurut Kantor Berita Pusat Korea, media pemerintah Korea Utara.



Tingkat kesuburan total di Korea Utara, atau jumlah rata-rata bayi yang diperkirakan akan dilahirkan oleh seorang wanita selama hidupnya, menurun dari 1,88 pada tahun 2014 menjadi 1,79 pada tahun 2022.

Ada beberapa kejadian yang terdokumentasi atau dilaporkan mengenai diktator Korea Utara yang menangis.

Pada tahun 2011, Kim terlihat dengan air mata mengalir di wajahnya saat pemakaman ayahnya, Kim Jong-Il.

Ada juga laporan tahun 2018 dari Asahi Shinbun Jepang, yang mengutip seorang pembelot Korea Utara yang memiliki kontak di dalam negeri yang mengetahui situasi tersebut, tentang video Kim yang menangisi ketidakmampuannya untuk memperbaiki perekonomian negara yang lemah dan bahwa pejabat tinggi di negara tersebut partai yang berkuasa telah melihatnya.

Demikian pula pada tahun 2020, Kim menjadi emosional saat berpidato di parade militer yang menandai peringatan 75 tahun berdirinya Partai Pekerja Korea karena dia merasa “usahanya” tidak cukup untuk negaranya, menurut video dari The Wali.

Hanya sedikit diktator yang diketahui pernah menangis di depan rakyatnya. Bahkan bagi para pemimpin negara demokrasi, menangis di depan konstituennya adalah momen yang layak dijadikan berita utama.

Stalin dikabarkan adalah seseorang yang sering menangis di balik pintu tertutup, menurut seorang pelayan Kremlin. Reuters melaporkan, Presiden Rusia Vladimir Putin juga terlihat menangis saat pidato penerimaannya di dekat Kremlin pada tahun 2012.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)