Sosok Kombes Pol Wira Satya Triputra, Dirreskrimum Polda Metro Jaya Pengganti Hengki Haryadi

Jum'at, 08 Desember 2023 - 08:33 WIB
loading...
Sosok Kombes Pol Wira Satya Triputra, Dirreskrimum Polda Metro Jaya Pengganti Hengki Haryadi
Kombes Pol Wira Satya Triputra (kanan) ditunjuk menjadi Dirreskrimum Polda Metro Jaya yang baru mengganti Kombes Pol Hengki Haryadi yang dimutasi ke Bareskrim Polri. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Reserse Kriminal Umum ( Dirreskrimum ) Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi promosi Bintang 1 setelah dimutasi menjadi Penyidik Tindak Pidana Utama TK II Bareskrim Polri. Posisinya digantikan Kombes Pol Wira Satya Triputra.

Pergantian Dirreskrimum Polda Metro Jaya ini tertuang dalam dalam surat telegram Nomor ST/2750/XII/KEP./2023 tanggal 7 Desember 2023 yang ditandatangani oleh As SDM Irjen Dedi Prasetyo atas nama Kapolri.


Dalam ST tersebut disebutkan Kombes Pol Wira Satya Triputra yang saat ini menjabat Wadirtipidum Bareskrim Polri akan menggantikan posisi
Hengki Haryadi di Polda Metro Jaya.

Adapun posisinya sebagai Wadirtipidum Bareskrim Polri akan digantikan Kombes Pol Boy Rando Simanjuntak yang saat ini menjabat Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri.



Kombes Pol Wira satya Triputra termasuk salah satu penyidik yang tegas dan berani. Sosok Kombes Wira Satya Triputra sempat jadi perbincangan dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan terpidana Ferdy Sambo.

Kombes Pol Wira Satya Triputra disebut-sebut dalam persidangan lantaran menitipkan pertanyaan isu perselingkuhan Putri Candrawathi dengan Brigadir J saat uji tes kebohongan.

Saat kasus Ferdy Sambo Cs bergulir, dia masih menjabat sebagai Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Kinerja Kombes Pol Wira Satya di kepolisian tergolong cukup mentereng. Dia juga pernah membongkar kasus uang palsu (upal) senilai Rp4 miliar ketika menjabat Direskrimsus Polda Sultra pada tahun 2017.

Sepak terjang Wira di Korps Bhayangkara mulai menonjol ketika menjabat Kapolres Lahat pada 2015. Selama bertugas sebagai pemimpin Polres Lahat, dia berhasil menjaga kekompakan dan rasa kekeluargaan di lingkup Polres Lahat.

Kedekatan Wira tidak hanya dengan anak buah dan rekan kerja, namun juga masyarakat Lahat secara luas. Masa jabatan Wira sebagai Kapolres Lahat hanya berlangsung 11 bulan, tapi dia berhasil menangani berbagai konflik sosial di wilayah kerjanya.

Wira kemudian dipindahtugaskan ke Jambi dengan posisi Kabid Propam Polda Jambi. Dia pernah menduduki sejumlah jabatan penting antara lain Kasat Resmob Bareskrim Polri (2018) dan Kasubdit I Dittipidum Bareskrim Polri hingga akhirnya menjabat Wadirtipidum Bareskrim Polri.

Wira ditunjuk sebagai Wadirtipidum oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pada Desember 2022.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2577 seconds (0.1#10.140)