alexametrics

UMS Solo Dikunjungi Banyak Pendaftar Mahasiswa Baru

loading...
UMS Solo Dikunjungi Banyak Pendaftar Mahasiswa Baru
Calon mahasiswa baru UMS Solo saat mendaftar di hari pertama pembukaan, Selasa (2/1/2017). (Foto/Ary Wahyu Wibowo/Koran SINDO/Dok)
A+ A-
SOLO - Pendaftaran calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Jawa Tengah banjir peminat. Meski baru satu sehari dibuka, ratusan pendaftar telah masuk melalui online maupun datang langsung.

Jumlah pendaftar sejak dibuka mulai pukul 08.00 hingga siang pukul 11.00 WIB, tercatat mencapai 166 orang. Yakni melalui online sebanyak 86 pendaftar, dan datang langsung ke kampus UMS 80 orang.

"Kami membuka pendaftaran awal karena memberi kesempatan semakin banyak pelajar SMA untuk berkompetisi," ujar Rektor UMS Dr Sofyan Anif M.Si di Solo, Jawa Tengah usai pembukaan pendaftaran mahasiswa baru Selasa (2/1/2017).

Dengan demikian, seleksi calon mahasiswa dengan baik semakin mudah. Saat pendaftaran di hari pertama, mereka yang mendaftar justru banyak yang berasal dari luar Jawa, seperti Bengkulu dan Lampung.

Melalui sistem one day service, calon mahasiswa dapat mengetahui apakah diterima atau tidak di hari itu juga. Guna mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas, soal soal untuk seleksi masuk dibuat tidak mudah.

Sehingga sering kali terjadi, ada calon mahasiswa yang tidak diterima di UMS, namun justru diterima di perguruan tinggi negeri. Untuk kuota tahun ini, lanjutnya, kuota mahasiswa baru berkisar antara 7.000-8.000 orang, atau tak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Salah satu pertimbangannya karena menyangkut rasio jumlah dosen yang dimiliki. Melalui one day service, calon mahasiswa dapat mendaftar dari daerah asalnya. Sehingga di kampus UMS nantinya tinggal validasi dan menjalani tes masuk.

Bagi yang tidak lolos, masih diberikan kesempatan dua kali tes lagi. Pihaknya juga memberi kesempatan sampai tiga kali mendaftar. Sehingga satu orang pendaftar memiliki kesempatan sembilan kali tes.

Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB) UMS Solo Triyono mengatakan, penerimaan calon mahasiswa baru UMS dimulai 2 Januari hingga 25 Agustus mendatang. Sekitar 7.000 kuota yang disediakan berasal 12 fakultas.

Yakni 43 program studi S1 dan 16 program S2. "Pendaftaran dibuka lebih awal dimaksudkan agar segera mendapatkan tempat di perguruan tinggi. Sehingga orangtuanya juga lebih tenang," ucap Triyono.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, jumlah peminat masuk ke UMS mencapai 40.000 orang. Sehingga tahun ini jumlah peminat diprediksi naik sekitar 20%. Fakultas yang paling diminati antara lain dari kedokteran umum, kedokteran gigi, fisioterapi, ekonomi, dan tehnik.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak