Mengenal Asal-usul Kawasan Permata Hijau Jaksel

Selasa, 05 Desember 2023 - 15:21 WIB
loading...
Mengenal Asal-usul Kawasan Permata Hijau Jaksel
Permata Hijau merupakan sebuah kawasan permukiman di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Foto/ITC GROUP
A A A
JAKARTA - Asal-usul nama Permata Hijau , Jaksel menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Umumnya, daerah ini dikenali sebagai sebuah kawasan yang cukup bergengsi di Jakarta.

Terlepas dari statusnya itu, ada banyak hal menarik yang bisa dibahas dari kawasan Permata Hijau di Jakarta Selatan. Misalnya, terkait asal muasal atau sejarah penamaannya.



Sebagaimana diketahui, penamaan sebuah wilayah atau daerah di Indonesia memang terbilang menarik. Biasanya sebuah wilayah diberikan nama atas riwayat historis atau kondisi sekitarnya.

Asal-usul Nama Permata Hijau Jaksel


Permata Hijau merupakan sebuah kawasan permukiman di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Wilayah ini dikenal cukup bergengsi dengan keberadaan perumahan-perumahan elitnya.

Layaknya kawasan bergengsi, Permata Hijau juga berada di lokasi yang strategis. Keberadaannya dilintasi oleh jalan Arteri dari Kebon Jeruk menuju Pondok Indah, Blok M serta Senayan.



Kondisi wilayahnya pun terbilang teduh, karena terdapat banyak pepohonan besar yang dijaga dengan baik. Selain perumahan mewah, masih banyak bangunan-bangunan lain yang tak kalah megah, termasuk pusat perbelanjaan.

Berkaitan dengan riwayat penamaan Permata Hijau, ada beberapa versi yang banyak diketahui. Salah satunya pernah disampaikan Zaenuddin HM dalam buku “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe”.

Salah satu versi populer dari penamaan Permata Hijau diyakini berasal dari nama komplek perumahan di kawasan tersebut. Seiring waktu, mulai banyak bermunculan bangunan-bangunan megah lain yang juga menyematkan label Permata Hijau.

Jauh sebelum itu, kawasan yang sekarang dikenal dengan Permata Hijau ini masih berupa kebun hijau dan hutan. Kondisi ini adalah gambaran sekitar tahun 1960-an.

Seiring waktu, kawasan tersebut terus berkembang dan mulai dikenal sebagai wilayah elite. Apabila melihat kondisi sekitarnya, kawasan ini memang terlihat tampak hijau, sehingga cukup masuk ketika diberi nama Permata Hijau.

Demikian ulasan mengenai asal-usul nama Permata Hijau Jaksel, kawasan elite yang dikenal luas dengan perumahan mewahnya.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)