alexa snippet

DPR Minta Pertamina Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg di Daerah

DPR Minta Pertamina Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg di Daerah
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta Pertamina segera mengatasi kelangkaan distribusi elpiji 3 kg di beberapa daerah Indonesia.Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta Pertamina segera mengatasi kelangkaan distribusi elpiji 3 kg di beberapa daerah Indonesia. Kelangkaan elpiji menyebabkan keresahan warga karena harus mengantre untuk mendapatkan elpiji 3 Kg.

Anggota Komisi VII DPR RI Muhammad Nasir menjelaskan, keresahan terjadi di masyarakat akibat langkanya gas 3 Kg. Akibatnya muncul banyak antrean dan menimbulkan banyak spekulasi.

"Peristiwa kelangkaan elpiji 3 Kg bukan terjadi untuk kali pertama, oleh karenanya Pertamina segera meredam kelangkaan dan meninjau ulang regulasi terkait distribusi elpiji 3 kg agar lebih terjamin dan merata," ucapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/12/2017).

Dia juga menyatakan telah melihat sendiri fakta di lapangan ada oknum yang bisa menguasai 15 unit usaha suplai/distributor elpiji 3 Kg di wilayah tertentu. "Monopoli bisnis semacam ini tidak sehat dan bisa memicu permainan harga, kelangkaan dan sebagainya," ungkap politisi Partai Demokrat ini.

Anggota Komisi VII DPR Mukhtar Tompo yang menyatakan kelangkaan elpiji 3 kg di daerah bukan semata-mata persoalan tersebut muncul dari Pertamina, tapi banyak pelaku usaha yang bermain. "Saya minta masyarakat membantu mengawasi pelaku usaha yang nakal," ucapnya saat dihubungi.

Menurutnya, elpiji 3 kg merupakan subsidi negara dan diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Data pengguna tabung elpiji 3 kg tersebut seharusnya ada dan disesuaikan dengan kuota yang diberikan untuk tiap wilayah dan daerah.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top