Jokowi Sebut Forum Luar Biasa OKI Hasilkan Resolusi Al Aqsa

Kamis, 14 Desember 2017 - 17:16 WIB
Jokowi Sebut Forum Luar Biasa OKI Hasilkan Resolusi Al Aqsa
Jokowi Sebut Forum Luar Biasa OKI Hasilkan Resolusi Al Aqsa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengikuti KTT Luar Biasa OKI di Istanbul, Turki, yang membahas klaim sepihak Presiden AS, Donald Trump atas pemindahan Yerussalem sebagai Ibukota Israel.

Jokowi menyebut, forum OKI menghasilkan tiga keputusan dalam upaya membela Palestina. Pertama, pemimpin OKI menyepakati resolusi Al Aqsa untuk menolak klaim sepihak AS. "‎Lalu yang kedua menghasilkan komunike final OKI," kata Jokowi saat tiba di Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (14/12/2017).

Komike final OKI berisi political statement, political call. Sementara resolusi Al Aqsa merupakan hasil rincian mengenai tindaklanjut negara-negara OKI terhadap sikap negara Paman Sam terhadap Palestina.

"‎Dan yang ketiga menghasilkan Deklarasi Istambul. Saya kira itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini, terima kasih," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta kepada anggota OKI menggalang dukungan kepada dunia internsional dan melakukan open debate yang membahas situasi Palestina.

Mantan Gubernur DKI Jakarta juga ini berharap para pemimpin OKI mendukung setiap pencalonan Palestina dalam keanggotaan berbagai organisasi internasional. "Dan negara OKI harus memulai lobi dukungan kepada negara-negara gerakan non-blok," pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3126 seconds (0.1#10.140)