Kondisi Toilet Pengaruhi Tingkat Kesehatan Masyarakat

Selasa, 12 Desember 2017 - 11:46 WIB
Kondisi Toilet Pengaruhi Tingkat Kesehatan Masyarakat
Kondisi Toilet Pengaruhi Tingkat Kesehatan Masyarakat
A A A
JAKARTA - Adanya fasilitas tempat mandi, cuci, dan kakus (MCK) yang layak, sangat mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat. Apalagi saat ini di tengah kondisi musim hujan, dibutuhkan fasilitas MCK dilengkapi air bersih yang cukup.

Hal ini dikatakan Business Manager Dekoruma, Rafi Sarumaha. Menurutnya, salah satu fasilitas yang ada di tempat MCK yakni adanya closet jongkok atau closet duduk.

Menurut Rafi, closet jongkok dinilai cocok karena mampu mendukung proses BAB dengan lebih baik. Lantas, apakah closet duduk tidak memiliki manfaat apapun? Tentu saja ada.

Pertama kata Rafi, dengan closet duduk lebih tampak rapi dan sedap dipandang. Sehingga, perlu membeli perlengkapan kamar mandi yang unik untuk menciptakan kamar mandi yang nyaman.

"Karena kamar mandi tak hanya berfungsi sebagai tempat membersihkan tubuh, tapi melakukan sejumlah kegiatan lain. Karenanya, dengan membeli closet duduk dari online shop seperti Dekoruma , bisa memilih closet duduk dengan fitur tambahan seperti penyemprot built-in dan bahkan fitur hemat air," kata Rafi dalam siaran pers, Selasa (12/12/2017).

Kedua menurut Rafi, closet duduk akan mudah untuk dibersihkan. Proses membersihkan kamar mandi tak akan berjalan lama dan melelahkan. closet duduk cenderung lebih mudah dibersihkan karena tidak perlu repot menyiramnya secara manual.

"Dengan menekan tombol flush saja setelah selesai menyikatnya, closet akan tersiram otomatis dan menjadi bersih dalam waktu sekejap," ucapnya.

Sedangkan keunggulan ketiga dari closet duduk kata Rafi, lebih bebas kuman. Konon, kuman akan lebih mudah berkembang dalam ruang atau medium dengan kelembapan tinggi, termasuk kamar mandi.

"Walaupun hal ini dapat anda atasi dengan mencuci tangan dengan baik , tetapi memilih closet duduk akan mengurangi risiko Anda untuk jatuh sakit," ungkapnya.

Sementara keempat, kata Rafi, closet duduk lebih cocok untuk anak-anak. Memiliki anak usia balita atau sedang belajar menggunakan toilet di rumah, pilihan sebaiknya jatuh pada closet duduk.

"Dengan closet duduk, orang tua bisa lebih santai melatih anak menggunakan toilet . Terlebih, jika anak kesulitan duduk dalam posisi jongkok, closet duduk sangat tepat bagi latihan mereka," tuturnya.

"Saat ini, ada sejumlah toko online yang menyediakan perlengkapan rumah tangga dengan harga terjangkau dan kualitas oke, salah satunya yang sedang populer adalah Dekoruma," tandas Rafi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4447 seconds (0.1#10.140)