Perindo Ungkap Sejumlah PR yang Harus Digarap Pangkostrad Mayjen TNI Saleh Mustafa

Kamis, 30 November 2023 - 20:11 WIB
loading...
Perindo Ungkap Sejumlah PR yang Harus Digarap Pangkostrad Mayjen TNI Saleh Mustafa
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hankam dan Siber Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati mengungkapkan sejumlah PR yang harus digarap Pangkostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pengamat militer yang sekaligus Ketua DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Bidang Hankam dan Siber Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati mengungkapkan sejumlah Pekerjaan Rumah (PR) yang harus digarap Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) baru, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Menurut Nuning, sapaan akrab Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, PR yang paling utama yakni meningkatkan kemampuan militer dan akademik Sumber Daya Manusia (SDM) di Kostrad.

"Pertama, meningkatkan kemampuan militer dan akademik SDM Kostrad. Selanjutnya, meningkatkan pengetahuan kekinian seperti IT, dan situasi dan kondisi negara yang pasca-dilanda pandemi Covid-19," kata Nuning, Kamis (30/11/2023).



Selain itu, lanjut Nuning, Pangkostrad juga harus meningkatkan kemampuan intelijen serta interoperabilitas prajurit dan perwira. Sebab, Kostrad adalah bagian dari komando utama tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat (AD).

"Kostrad memiliki jumlah pasukan yang dirahasiakan dan selalu siap untuk beroperasi atas perintah Panglima TNI kapan saja," ucap Nuning yang juga Caleg DPR RI Dapil Jawa Tengah VI (Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, dan Magelang) itu.



Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi, rotasi, dan promosi sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI. Salah satunya Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang ditunjuk menjadi Pangkostrad.

Mutasi TNI itu tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Total ada 49 Pamen dan Pati TNI yang dimutasi.

"Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa jabatan lama Kaskostrad, jabatan baru Pangkostrad," bunyi kalimat dalam SK mutasi TNI terbaru dikutip, Rabu, 29 November 2023.

Penunjukkan Saleh Mustafa menjadi Pangkostrad untuk menggantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang baru saja dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu, 29 November 2023.

Sebagai pengganti Saleh Mustafa, Panglima TNI menunjuk Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf menjadi Kaskostrad. Sementara Danpaspampres Mayjen TNI Rafael Granad Baay diangkat menjadi Pangdam V/Brawijaya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)