alexametrics

Jokowi Sebut Indonesia Salah Satu Negara Paling Aktif Korupsi

loading...
Jokowi Sebut Indonesia Salah Satu Negara Paling Aktif Korupsi
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2017). Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan penegakan hukum merupakan paling penting dalam upaya memberantas korupsi.

Hal itu disampaikan Jokowi pada acara Hari Antikorupsi Sedunia tahun 2017 dan peresmian pembukaan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi ke-12 serta peluncuran aplikasi  LHKPN di Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Menurut Jokowi, berdasarkan data yang diperolehnya, uang negara yang diselamatkan melalui penegakan hukum sebesar Rp3,55 triliun dalam kurun waktu 2016-2017.

"Indonesia adalah salah satu negara yang paling aktif dalam kasus korupsi," ungkap Jokowi dalam sambutannya.



Jokowi menuturkan, Indonesia dianggap aktif dalam kasus korupsi tercermin dari kasus korupsi yang melibatkan kepala daerah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan, sejak tahun  2004 tercatat sebanyak 12 gubernur, 64 bupati/wali kota, serta anggota DPR ditangkap KPK karena melakukan korupsi.

Menurut Jokowi, mayoritas yang tersangkut kasus korupsi dijerat dengan pasal penyuapan. Ironisnya, kata Jokowi, perilaku korupsi pejabat negara terus terjadi.

"Ini berarti tidak bisa disangkal lagi upaya pencegahan korupsi harus dilakukan lebih serius tidak bisa ditunda lagi sistem pemerintahan pelayanana dministasi semua harus dibenahi termasuk pengetahuan kesadaran masyarakat harus terus ditingkatkan," tutur mantan Wali Kota Solo itu.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak