Lewat Tulisan, Begini Janji Panglima TNI kepada Jenderal Sudirman

Minggu, 10 Desember 2017 - 19:06 WIB
Lewat Tulisan, Begini Janji Panglima TNI kepada Jenderal Sudirman
Lewat Tulisan, Begini Janji Panglima TNI kepada Jenderal Sudirman
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berziarah di makam Panglima Besar Jenderal Sudirman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Yogyakarta, Minggu (10/12/2017)

Hadi juga berziarah ke makam Pahlawan Adisutjipto dan Abdulrahmah Saleh, di Monumen Ngoto, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

“Niat saya sejak awal, sebelum memulai kerja di Mabes TNI Jakarta, saya akan nyekar dahulu ke makam ini,” kata Hadi usai melakukan ziarah di makam Jenderal Sudirman, Minggu (10/12/2017).

Marsekal Hadi dilantik menjadi Panglima TNI pada Jumat 8 Desember 2017. Esok harinya, Hadi mengikuti serah terima jabatan dengan Panglima TNI sebelumnya Jenderal Gatot Nurmantyo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Menurut dia, lahirnya negeri ini tidak terlepas dari jasa para pahlawan. Jenderal Sudirman, kata Panglima, telah meletakan nilai-nilai dasar TNI dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).

Menurut dia, nilai-nilai dasar TNI harus diterapkan untuk
membangun TNI yang profesional dan modern. “Semua pesan-pesan itu sudah saya rekam dan akan saya laksanakan,” katanya.

Sebelum meninggalkan makam, Panglima TNI sempat menuliskan kata-kata di atas kertas yang ditaruh di atas sebuah meja.

"Kami akan melanjutkan perjuangan Panglima Besar Sudirman sekaligus membangun angkatan perang yang profesional dan modern," tulis Panglima.

Menurut dia, apa yang dituliskannya sama dengan visi misi yang disampaikannya saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR.

Komandan Lanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Novyan Samyoga menjelaskan, dalam kegiatan itu, Panglima TNI juga mengajak para pimpinan redaksi media massa.

“Para pempinan redaksi media massa tersebut sebelum diajak ziarah, ngopi bareng di atas pesawat Hercules dan setelah ziarah diajak ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) yang ada di Kompleks Lanud Adisutjipto, Yogyakarta,” ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5182 seconds (0.1#10.140)