Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL Ambil Data Antemortem Prajurit Marinir

Rabu, 29 November 2023 - 21:49 WIB
loading...
Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL Ambil Data Antemortem Prajurit Marinir
Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI Angkatan Laut (AL) RE Martadinata mengambil data antemortem gigi prajurit Brigif 4 Marinir BS Lampung. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI Angkatan Laut (AL) RE Martadinata mengambil data antemortem gigi prajurit Brigif 4 Marinir BS Lampung. Kegiatan pengambilan data antemortem yang dipimpin Kepala Departemen Kedokteran Gigi Militer Ladokgi TNI AL RE Martadinata Kolonel Laut (K) M. Arifin ini merupakan program kerja dari Departemen Kedokteran Gigi Militer.

Kegiatan yang digelar di Gedung Bapra Brigif 4 Marinir Piabung Lampung berlangsung selama sepekan. Kolonel M. Arifin menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendapatkan data antemortem gigi yang nantinya akan disimpan datanya di pusat data antemortem gigi di Ladokgi TNI AL RE Martadinata.

Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL Ambil Data Antemortem Prajurit Marinir


"Data antemortem adalah data yang diambil pada orang semasa hidupnya baik berupa sidik jari maupun catatan gigi, yang nantinya data ini akan dipakai dalam kepentingan identifikasi sebagai pembanding dalam pencocokan proses identifikasi jenazah yang meninggal dan sudah tidak dapat dikenali apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kapal tenggelam, pesawat jatuh, kebakaran, tsunami maupun bencana massal lainnya," katanya, Rabu (29/11/2023).

Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL Ambil Data Antemortem Prajurit Marinir


Dia mengatakan, korban yang susah untuk dikenali dan akan lebih mudah diidentifikasi dari gigi, karena gigi merupakan alat identifikasi primer. "Sebagaimana diketahui prajurit TNI mempunyai risiko tinggi dalam setiap penugasan sehingga perlu dilakukan pencatatan dan rekam dari gigi," tuturnya.

Ke depan secara bertahap akan dilakukan pencatatan data antemortem dari gigi secara keseluruhan dari personel TNI AL. Dalam pelaksanaan pengambilan data antemortem kali ini Ladokgi TNI AL menerjunkan 15 personel yang terdiri dari dokter gigi dan perawat gigi serta fotografer untuk mengambil foto profil dan intra oral.

"Tahapan dari kegiatan ini adalah meliputi pengisian formulir, pengambilan foto dalam rongga mulut, foto profil, pemeriksaan dan pencatatan gigi hingga tahapan terakhir adalah pencetakan gigi rahang atas dan rahang bawah," imbuhnya.

Ladokgi TNI AL menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi dan Komandan Brigif 4 Marinir Kolonel Marinir Bob Osianto Siregar atas dukungan yang diberikan selama pelaksanaan pengambilan data gigi antimortem ini.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6987 seconds (0.1#10.140)