alexa snippet

Panggil Dubes AS, Indonesia Tolak Klaim Trump Terkait Yerusalem

Panggil Dubes AS, Indonesia Tolak Klaim Trump Terkait Yerusalem
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
BOGOR - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan, pihaknya telah memanggil Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk menyampaikan penolakannya klaim Presiden AS, Donald Trump atas Yerusalem Ibu Kota Israel.

Dalam pertemuan dengan Dubes AS yang berlangsung kemarin, Retno mengaku menyampaikan kembali sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap klaim sepihak yang disampaikan Trump.

"Jadi posisinya jelas tegas kita sampaikan dan pihak Amerika menyampaikan kembali isi dari pidato Presiden Trump," ujar Retno di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/12/2017).

Menurut Retno, dalam kesempatan itu, Dubes AS berjanji akan menyampaikan hal tersebut kepada otoritas yang berwenang di AS. Selain itu, pemerinta juga aktif menggalang komunikasi dan dukungan internasional dalam menyikapi hal tersebut.

Prinsipnya kata Retno, komunikasi dilakukan untuk membuka peluang agar pengakuan sepihak tersebut bisa ditolak. Hal ini dianggapnya sesuai dengan posisi Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Itu artinya sampai jam terakhir diplomasi kita masih berusaha keras dan tentunya tidaknya Indonesia tetapi juga kita dengan negara-negara Muslim lainnya yang kita berusaha untuk terus berusaha," tandasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top