alexa snippet

Survei Sebut Koran Dipilih Pembaca, DPR: Itu Kabar Bagus

Survei Sebut Koran Dipilih Pembaca, DPR: Itu Kabar Bagus
Anggota Komisi I DPR Evita Nursanty. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Hasil survei Nielsen Consumer & Media View (CMV) di 2017 yang menyebutkan koran lebih dipilih pembaca karena nilai beritanya yang dapat dipercaya dinilai kabar bagus. Adapun survei itu dilakukan di 11 kota dengan menginterview 17.000 responden.

"Itu kabar bagus bahwa koran masih menjadi media paling layak dipercaya," ujar Anggota Komisi I DPR Evita Nursanty kepada SINDOnews, Kamis (7/12/2017).

Dia menambahkan, berita di koran melalui tahap penyuntingan yang ketat, sementara media online selalu adu cepat sehingga seringkali bermasalah dengan akurasinya.

Dia berpendapat, tantangan bagi koran adalah bagaimana mempertahankan penetrasi yang terus turun yang kabarnya hanya tinggal 8% dari pembaca media di Indonesia. "Terutama yang koran nasional, sebab saya melihat koran daerah masih tetap eksis dengan pasar lebih besar di daerah-daerah," ujar Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Maka itu, legislator asal daerah pemilihan Jawa Tengah III ini menyarankan agar Serikat Penerbit Surat kabar maupun stakeholders lain, seperti Dewan Pers dan juga perusahaan-perusahan media cetak untuk memikirkan kampanye bersama agar publik menyadari koran kita ini sangat penting dan paling layak dipercaya.

Kampanye itu dianggapnya penting untuk membuat publik tetap baca koran di tengah gempuran teknologi digital sekarang. "Betul koran itu adalah filter berita dan menjadi penting saat kita terganggu dengan berita-berita hoax, berita fakes dan lainnya melalui online," pungkasnya.

Diberitakan SINDOnews sebelumnya, Direktur Eksekutif Nielsen Media, Hellen Katherina menjelaskan, Nielsen telah melakukan survei di 11 kota dengan menginterview 17.000 responden. Dari hasil survei tersebut, saat ini media cetak termasuk koran, majalah dan tabloid memiliki penetrasi sebesar 8% dan dibaca oleh 4,5 juta orang.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar atau sekitar 83%-nya membaca koran. Alasan utama para pembaca masih memilih koran yaitu karena nilai beritanya yang dapat dipercaya.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top