7 Manfaat Lemon untuk Kecantikan, Mencerahkan hingga Menghidrasi Kulit

Rabu, 29 November 2023 - 01:27 WIB
loading...
7 Manfaat Lemon untuk Kecantikan, Mencerahkan hingga Menghidrasi Kulit
Manfaat lemon untuk kecantikan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Manfaat lemon untuk kecantikan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Ya, tak hanya segar bila digunakan pada minuman, lemon juga memiliki banyak khasiat ketika dioleskan pada kulit.

Meski bersifat asam, kandungan vitamin C pada lemon bisa menjadi produk kecantikan alami yang menakjubkan. Manfaat lemon untuk kulit dan wajah memang banyak, seperti diuraikan dalam ulasan berikut ini.

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

1. Pencerah Kulit

Lemon diketahui kaya vitamin C. Buah ini merupakan pencerah kulit yang bersifat alami. Mengoleskan lemon pada kulit dapat membantu mengurangi noda gelap serta memberikan kilau segar pada wajah.


2. Pengontrol Minyak Berlebih

Kandungan asam sitrat dalam lemon mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Masker lemon secara efektif dapat membersihkan pori-pori serta mengurangi kilap berlebih di wajah.

3. Penghilang Noda Jerawat

Memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi, lemon mampu membantu mengurangi kemerahan serta peradangan jerawat. Dengan mengaplikasikannya secara teratur, dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat serta meratakan kulit.

4. Eksfoliasi Alami

Kandungan asam sitrat dalam lemon berfungsi sebagai eksfolian alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Campuran lemon dengan gula atau oatmeal bisa digunakan sebagai scrub alami untuk kulit yang lebih halus.

5. Hidrasi Kulit

Walaupun bersifat asam, lemon juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Mencampurkan jus lemon dengan madu serta yogurt sebagai masker mampu memberikan kelembaban ekstra pada kulit.

6. Antipenuaan

Kandungan antioksidan pada lemon dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit. Jika diaplikasikan secara rutin, dapat membantu menjaga kulit tetap terlihat segar dan elastis.


7. Pengobatan Kulit Berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, lemon bisa menjadi rekan yang baik. Masker lemon secara alami mampu mengurangi kelebihan minyak serta memberikan penampilan yang lebih sehat.

Sebelum mengaplikasikan lemon pada kulit, penting untuk melakukan uji coba guna memastikan bahwa tidak ada iritasi. Menggabungkan lemon ke dalam rutinitas kecantikan dapat memberikan manfaat untuk kulit yang bersinar dan sehat. MG/Sabrina Amyra Aziz
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2550 seconds (0.1#10.140)