Respons Situasi di KPK, Nawawi Pomolango Siapkan Sejumlah Program Kerja Prioritas

Senin, 27 November 2023 - 09:48 WIB
loading...
Respons Situasi di KPK, Nawawi Pomolango Siapkan Sejumlah Program Kerja Prioritas
Nawawi Pomolango akan dilantik sebagai Ketua KPK sementara, oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (27/11/2023). Foto/Gedung KPK/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nawawi Pomolango akan dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (27/11/2023). Usai dilantik, Nawawi bakal menggelar rapat bersama pimpinan KPK lainnya.

"Saya akan bertemu dan bicara terlebih dahulu dengan rekan pimpinan lainnya untuk membahas kerja-kerja yang berskala prioritas berkaitan dengan situasi yang dihadapi lembaga saat ini," kata Nawawi saat dihubungi wartawan, Senin (27/11/2023).

Lebih lanjut Nawawi menjelaskan, bahwa kerja kepemimpinan di KPK bersifat kolektif kolegial sesuai Undang-Undang (UU) KPK. "Kerja kepemimpinan di lembaga ini bersifat kolegial," jelasnya.



Sebagaimana diketahui, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Jumat (24/11/2023), Presiden Jokowi memberhentikan sementara Firli Bahuri dari jabatan Ketua KPK usai ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Sebagai gantinya, Presiden Jokowi menunjuk Nawawi Pomolango untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Firli Bahuri tersebut.

"Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Jumat (24/11/2023).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)