Mossad Dilarang Tel Aviv Buru Pemimpin Hamas di Qatar, Kenapa?

Minggu, 26 November 2023 - 17:48 WIB
loading...
Mossad Dilarang Tel Aviv Buru Pemimpin Hamas di Qatar, Kenapa?
Ketua Hamas Ismail Haniyeh dan Ketua Hamas Gaza Yehya Al-Sinwar memberi isyarat kepada para pendukungnya saat rapat umum memperingati 30 tahun berdirinya Hamas, di Kota Gaza, 14 Desember 2017. REUTERS/MOHAMMED SALEM
A A A
GAZA - Agen intelijen Mossad selalu ditugaskan untuk memburu dan membunuh para pemimpin Hamas baik di Palestina atau pun di luar negeri. Namun, untuk kali ini, para agen Mossad harus menghentikan misinya memburu pemimpin Hamas yang mengasingkan diri di Qatar.

Kenapa?

Di bawah bayang-bayang gencatan senjata dalam Perang Israel-Hamas dan kesepakatan untuk membebaskan para sandera dari penawanan kelompok teroris genosida, yang dimediasi oleh Qatar dan Mesir, jurnalis Prancis Georges Malbrunot dari "Le Figaro" melaporkan dari sumbernya bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berjanji kepada Qatar bahwa Israel tidak akan bertindak melawan para pemimpin Hamas yang tinggal di Qatar.

Menurut laporan jurnalis Prancis, Qatar menerima jaminan dari Israel bahwa Mossad tidak akan melakukan pembunuhan di negara tersebut. "Doha menyampaikan prasyaratnya kepada Israel beberapa minggu lalu, sebelum mengambil perannya sebagai mediator dalam masalah penculikan," kata Malbrunot, dilansir Jerusalem Post.



Menurut sumber yang mengetahui rahasia tersebut, Netanyahu telah memerintahkan Mossad untuk membunuh pejabat senior Hamas.

Rabu lalu, Netanyahu mengadakan konferensi pers bersama dengan Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan Menteri Benny Gantz, secara eksplisit menyatakan bahwa dia menginstruksikan Mossad untuk bertindak melawan para pemimpin Hamas.

Netanyahu bahkan mengklaim bahwa "tidak ada komitmen dalam perjanjian untuk tidak melakukan gencatan senjata terhadap para pemimpin Hamas, siapa pun mereka."

Setelah itu, Netanyahu juga ditanya apakah ada klausul dalam perjanjian gencatan senjata yang memberikan kekebalan kepada para pemimpin Hamas, dan menyatakan bahwa "klausul seperti itu tidak ada."

Gallant juga merujuk pada pejabat senior Hamas, khususnya Ismail Haniyeh dan Khaled Mashal, dan berkata, "Mereka hidup dalam waktu pinjaman, di seluruh dunia; mereka semua adalah orang mati."

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)