Komisi I Berharap Jokowi Segera Kirim Nama Calon Panglima TNI

Jum'at, 24 November 2017 - 12:31 WIB
Komisi I Berharap Jokowi Segera Kirim Nama Calon Panglima TNI
Komisi I Berharap Jokowi Segera Kirim Nama Calon Panglima TNI
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR mengharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengirimkan nama calon pengganti Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Terlebih, Anggota Komisi I DPR Dave Laksono pun mendapat kabar bahwa Presiden Jokowi dalam waktu dekat akan mengirimkan nama calon pengganti Gatot Nurmantyo kepada DPR.

"Info yang terakhir saya dengar itu, dalam waktu dekat itu akan segera dikirim suratnya. Saya harapkan suratnya bisa masuk segera ke DPR," ujar Dave Laksono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

Sehingga, Komisi I DPR bisa melakukan uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test, red) kepada calon panglima TNI sebelum memasuki masa reses berikutnya. "Dan sebelum akhir tahun kita sudah bisa memiliki nama panglima TNI yang baru," ucapnya.

Menurut Dave, semua matra, baik Angkatan Udara, Angkatan Darat maupun Angkatan Laut memiliki peluang yang sama untuk memimpin TNI ke depan. "Sekarang kembali ke presiden karena ini sidah keputusan putusan dari pada presiden," papar politikus Partai Golkar ini.

Dia menambahkan, Presiden Jokowi bisa mengirim lebih dari satu nama calon panglima TNI. "Tapi kalau dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, presiden selalu mengirim satu nama," tutupnya.

Diketahui, sejumlah pihak meminta Presiden segera melakukan proses pergantian panglima TNI. Sebab, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7682 seconds (0.1#10.140)