Entaskan Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Papua Barat Daya Kucurkan Anggaran Rp112 Miliar

Jum'at, 24 November 2023 - 13:41 WIB
loading...
Entaskan Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Papua Barat Daya Kucurkan Anggaran Rp112 Miliar
Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad dan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat Daya, Ariyani Musa’ad. Foto/Istimewa
A A A
PAPUA BARAT DAYA - Pemprov Papua Barat Daya menggelar Road Show Penyerahan Bantuan Program Stunting dan Kemiskinan Ekstrem ke Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Barat Daya.

Kegiatan ini dihelat oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Papua Barat Daya. Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad.

Bantuan paket jaminan 1.000 hari Pertama Kehidupan (Jambu Hidup) yang diberikan meliputi bahan makanan bergizi untuk ibu hamil dan balita hingga bahan kontak dan insentif bagi penyuluh gizi/posyandu.



Pj Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa’ad mengatakan, pelaksanaan Otsus Papua sudah berlangsung selama 22 tahun. Prioritas penekanan otsus tertuju pada pencapaian kesejahteraan orang asli Papua (OAP), terutama masalah pendidikan dan kesehatan.

“Semua masalah kemiskinan ekstrem dan stunting menjadi dua hal yang masih mengganggu,” ucap Mohammad Musa’ad dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Pada tahun 2023 mengalokasikan dana Rp112 miliar untuk penanggulangan stunting, kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan kurang stimulasi. Prevalensi stunting di Provinsi Papua Barat Daya masih di atas 30 persen.

Apalagi jumlah balita yang mengalami stunting sebanyak 1.400 anak. Pemerintah daerah juga membangun komitmen bersama lewat Program Rembuk Stunting untuk merumuskan langkah- langkah strategis yang terukur guna mempercepat penurunan angka kasus stunting.



Kegiatan road show ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Otsus tahun 2023 mengusung tema “Papua Fest - Spirit of Otsus” dilaksanakan secara terpusat di Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)