Sejarah dan Asal-usul Nama Singkil di Aceh

Jum'at, 24 November 2023 - 10:02 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Nama Singkil di Aceh
Jalan dua jalur di Desa Pasar, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil. Foto/PPID Aceh Singkil
A A A
JAKARTA - Singkil merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil. Kabupaten ini terletak di ujung barat daya Provinsi Aceh, Indonesia.

Kabupaten Aceh Singkil merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2002. Sebagian wilayahnya terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, yang merupakan salah satu kawasan hutan tropis terbesar di dunia.

Kabupaten Singkil terdiri atas dua wilayah, yaitu daratan dan kepulauan. Kabupaten Singkil memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, terutama di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata.

Komoditas utama yang dihasilkan oleh Kabupaten Singkil adalah kelapa sawit, karet, kakao, padi, jagung, dan ikan.



Sebagai salah satu daerah yang cukup besar di wilayah Aceh, Singkil rupanya mempunyai sejarah yang panjang. Adapun sejarah dari Kabupaten Singkil sendiri adalah sebagai berikut.

Sejarah dan Asal-usul Kabupaten Singkil


Nama Singkil berasal dari kata sekel yang berarti mau, yang diucapkan oleh seorang pedagang getah kayu kapur kepada orang-orang Eropa yang datang ke Pelabuhan Singkil Lama pada abad ke-15. Pada masa itu, Singkil merupakan nama sebuah kerajaan yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Aceh.

Pada abad ke-19, Singkil menjadi salah satu daerah yang dikuasai oleh Belanda. Belanda sempat memisahkan Singkil dari Aceh, tetapi pada tahun 1905, asisten residen Poortman menetapkan Singkil tunduk kepada Gubernur Militer Aceh, dan berada di bawah asisten residen Aceh Barat.



Setelah perang dunia kedua dan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, Jepang meninggalkan wilayah Aceh Singkil. Wilayah ini pun kembali mengalami perubahan administrasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)